Wagub Bengkulu Bincang Stunting Bersama Kelompok Rentan

oleh -391 Dilihat

Bengkulu-Keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, dalam menurunkan prevalensi stunting yang tergolong tinggi di Bumi Rafflesia ini, Wakil Gubernur Rosjonsyah sambangi komunitas remaja yang tergabung kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu.

Hadirnya di tengah kelompok millenial, Wagub Rosjonsyah sekaligus selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) Provinsi Bengkulu, bincang stunting bersama kelompok rentan yakni kalangan remaja.

Dalam kunjungan pada “Workshop Tentang Kita” bagi pengelola PIK-R se-Provinsi Bengkulu akhir Juni 2022 ini. Rosjonsyah mengajak remaja khususnya anggota PIK-R untuk mengambil peran dalam pembangunan kependudukan khususnya penanganan stunting bagi kelompok rentan.

“Remaja adalah kelompok rentan berpotensi risiko hadirkan stunting dalam keluarga, anggota PIK-R agar berkarya sepanjang masa untuk mengedukasi kelompok sebaya mencegah stunting,” harap Wagub.

Ia mengimbau agar remaja PIK-R memberikan pengetahuan tentang kesehatan kepada semua lapisan masyarakat, karena stunting tidak hanya mengintai keluarga kurang mampu, keluarga sejahtera pun berpotensi risiko stunting disebabkan lalai asupan gizi berkepanjangan, kata Wagub.

Dikatakan Wagub Rosjonsyah cegah dini terhadap stunting dengan memperhatikan kesehatan remaja khususnya tes kesehatan pranikah bagi calon pengantin. Catin tes kesehatan sebelum menikah adalah langkah dalam menurunkan stunting, serangkaian tes yang harus dilakukan calon pengantin sebelum resmi menikah.

Pasalnya, tidak semua wanita yang hendak menikah memiliki riwayat kesehatan yang baik. Bahkan terkadang, ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin belum terdeteksi selama ini. Peran tes kesehatan pranikah yang akan membantu menilai kondisi kesehatan upaya penurunan stunting dan sosialisasikan nikah sehat dan ideal pada usia 21 bagi wanita dan 25 tahun idealnya remaja pria.(rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.