Saudi Tetapkan 1 Dzulhijjah Kamis 30 Juni 2022

oleh -122 Dilihat
Calon jemaah haji dari berbagai negara berziarah ke Makam Baqi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (16/6/2022). Makam Baqi menjadi tempat dimakamkannya para keluarga nabi, para sahabat nabi, dan para syuhada adalah di Pemakaman Baqi yang terletak di Kota Madinah dan menjadi salah satu tujuan ziarah calon jemaah haji. MI/Susanto

Jeddah-Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada Kamis (30/6/2022). Pengumuman ini disampaikan oleh Pemerintah Arab Saudi, setelah para ulama dan masyarakat umum melihat hilal bulan baru, yaitu bulan Dzulhijjah pada Rabu (29/6/2022) petang.

Dikutip dari RRI.CO.ID bahwa dengan terlihatnya bulan baru Dzulhijjah 1443 H pada Rabu petang, maka tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Kamis (30/6/2022).

“Setelah terlihat hilal bulan sabit baru pada Rabu petang, maka dapat disampaikan bahwa 5 hari perayaan Idul Adha akan dimulai pada 9 Juli 2022 mendatang,” demikian bunyi pengumuman Haramain Sharifain yang merupakan media resmi Arab Saudi, selain Arabnews.com.

Bulan Dzulhijjah, yang akan dimulai pada 30 Juni 2022 esok, merupakan bulan untuk jemaah haji. Prosesi puncak ibadah haji akan dimulai pada hari ke 8 Dzulhijjah, puncak Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan jatuh pada 9 hingga 11 Dzulhijjah.

Tenda-tenda untuk jemaah di Arafah sudah tersedia dan begitu pula dengan akomodasi di Mina. Semuanya sudah tersedia untuk menyambut tamu-tamu Allah SWT untuk berhaji.

Pemerintah Arab Saudi pun telah melakukan penyambutan kedatangan jemaah calon haji perdana pada 4 Juni yaitu jemaah calon haji dari Indonesia. Ini menjadi haji perdana pasca pandemi Covid-19.(RRI/U-1)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.