Peringati Hari Pahlawan, BKKBN Bengkulu Gelar Promosi GenRe

oleh -247 Dilihat
Anggota Komisi IX DPR-RI, Elva Hartati dan Kepala BKKBN Bengkulu, Rusman Efendi hadir pada acara promosi pelembagaan generasi berencana (GenRe). Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2022.(Foto HB/Idris)
Anggota Komisi IX DPR-RI, Elva Hartati dan Kepala BKKBN Bengkulu, Rusman Efendi hadir pada acara promosi pelembagaan generasi berencana (GenRe). Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2022.(Foto HB/Idris)

Bengkulu- Pada momentum peringatan hari pahlawan tahun ini, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, menggelar promosi pelembagaan Generasi Berencana (GenRe).

Promosi tersebut dilakukan melalui latihan bersama pusat informasi konseling remaja (PIK-R) di Provinsi Bengkulu. Promosi tersebut memperkenalkan organisasi remaja ini secara luas untuk meningkatkan pengetahuan remaja terhadap kesehatan reproduksi.
“Ini dilakukan untuk mengantarkan remaja sebagai generasi penerus pembangunan bangsa yang sehat, mandiri dan berkualitas,” kata anggota Komisi IX DPR-RI dapil Bengkulu, Elva Hartati ketika membuka promisi kelembagaan GenRe Bengkulu, Sabtu (11/11/2022).

Hadir pada latihan gabungan PIK-R tersebut, Kepala BKKBN Bengkulu, Rusman Efendi, Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK), Edi Sofyan, dan pejabat dilingkup BKKBN setempat.

Edi Sofyan dalam laporannya mengatakan, digelarnya promosi pelembagaan GenRe tersebut untuk meningkatkan semangat juang pemuda dalam mempersiapkan diri menjadi penerus pembangunan bangsa. Tentunya hal itu memerlukan sikap dan perilaku yang positif.

Dia menambahkan, promosi pelembagaan itu melibatkan sebanyak 150 remaja dari 20 kelompok PIK-R di Provinsi Bengkulu. di antaranya kepengurusan GenRe Provinsi Bengkulu dan kabupaten dan kota periode 2022/2023.

Perwakilan PIK-R yang tersebar se-Provinsi Bengkulu serta terdapat dewan pembina dan pengawas GenRe Provinsi Bengkulu. Dalam pelatihan gabungan tersebut, GenRe Bengkulu menggelar lomba-lomba sebagai upaya untuk mendalamkan pengetahuan tentang program materi edukasi GenRe.

“Ada enam kegiatan utama yang kita laksanakan pada moment hari pahlawan tahun ini, flashmob remaja, talkshow interaktif, pemberian penghargaan heroes of genre tahun 2022 dan pengukuhan duta GenRe tingkat desa dan kecamatan. Selain itu dilakukan penandatanganan komitmen remaja Provinsi Bengkulu serta lomba remaja tk provinsi,” jelas Edi.

Melalui forum GenRe diharapkan dapat membantu remaja dalam menjalankan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR), menjalankan lima transisi kehidupan. Oleh sebab itu perlu pemahaman yang baik tentang perencanaan keluarga dengan baik melalui empat subtansi genre. “Harapannya melalui momentum ini kita harapkan dapat mewujudkan generasi muda yang aktif, kreatif dan kompetitif guna mencapat Indonesia emas tahun 2045.(irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.