Pemprov Bengkulu Salurkan Bantuan Alsintan ke Poktan di Lebong

oleh -113 Dilihat
Gubernur Rohidin Mersyah disaksikan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Rohidin dan Plt Kepala Dinas TPHP Bengkulu, Rosmala Dewi menyaksikan seorang petani mencoba menghidupkan handraktor bantuan dari Pemprov Bengkulu, usai penyerahan alsintan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Lebong, akhir pekan lalu.(Foto/Ist)
Gubernur Rohidin Mersyah disaksikan Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Rohidin dan Plt Kepala Dinas TPHP Bengkulu, Rosmala Dewi menyaksikan seorang petani mencoba menghidupkan handraktor bantuan dari Pemprov Bengkulu, usai penyerahan alsintan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Lebong, akhir pekan lalu.(Foto/Ist)

Bengkulu- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Taman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) setempat membagikan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Lebong guna meningkat produktivitas dan kesejahtaraan para petani setempat.

Adapun Alsintan yang dibagikan kepada kelompok tani tersebut, antara lain, Handtraktor, Cultivator, Handsprayer, mesin pemotong rumput, power thresher, dan alat pertanian lainnya.

Bantuan ini diberikan sesuai usulan yang disampaikan para kelompok tani.Di Kabupaten Lebong diserahkan 1 unit Handtraktor untuk Poktan Bersatu Maju, Desa Talang Leak II, 2 unit Cultivator untuk Poktan Harapan Maju II dan Tani Karya II, 19 unit handsprayer untuk 19 Poktan, 10 unit mesin pemotong rumput untuk 10 Poktan dan bantuan pupuk organik cair.

“Alat-alat pertanian yang dibagikan ini bukanlah milik pribadi, tapi milik kelompok. Kita ingin menanamkan rasa kebersamaan dalam kelompok tani,” kata Gubernur Rohidin Mersyah usai menyerahkan bantuan Alsintan di SMAN 1 Lebong, Minggu (15/10/2023).

Ia mengatakan, pembagian Alsintan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada para kelompok tani agar terus produktif dan mendapatkan hasil panen yang melimpah. “Dengan bantuan ini kita berharap hasil usaha tani semakin meningkat, sehingga berdampak juga pada kesejahteraan para petani,” tambah Gubernur Rohidin.

Selain pembagian alat pertanian, juga dibagikan bibit tanaman buah-buahan seperti kelengkeng, matoa, alpukat, durian, dan rambutan kepada Sekolah SMAN 1 Lebong. Hal ini agar lingkungan sekolah menjadi hijau karena ditanami oleh buah-buahan.

“Coba nanti setiap kelas menanam pohon yang sudah dibagikan, dan terus dipantau sejauh mana perkembangannya sesuai tanggung jawab masing-masing. Nanti pihak sekolah bisa memberikan apresiasi, kelas mana yang berhasil menanam buah-buahan hingga tumbuh. Ini sebagai upaya memupuk rasa tanggung jawab pada diri siswa siswi,” kata Gubernur Rohidin.

Untuk diketahui pada tahun 2023 ini melalui APBD, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelontorkan bantuan Alsintan kepada 618 Poktan/UPJA dengan total 2.026 unit di antaranya Hansprayer Elektrik 987 unit untuk 300 Poktan, Handtraktor 34 unit untuk 34 Poktan, mesin pemotong rumput 123 unit untuk 123 Poktan, dan power thresher 10 unit untuk 10 Poktan.

Selanjutnya bantuan Cultivator 54 unit untuk 54 Poktan, Motor roda tiga 8 unit untuk 8 poktan, terpal plastik 300 unit untuk 54 poktan, dodos 250 unit untuk 13 Poktan, egrek 250 unit untuk 13 poktan, pompa air 3 inch 8 unit untuk 8 Poktan, dan combine harvester besar 2 unit untuk 2 UPJA.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.