Pemprov Bengkulu Akan Musnahkan Bangunan View Tower Lapangan Merdeka

oleh -52 Dilihat
Bangunan View Tower di lapangan Merdeka Kota Bengkulu, akan dirobohkan oleh Pemprov Bengkulu karena kondisi fisik bangunan sudah tua alias rusak berat.(Foto/Ist)
*Bangunan View Tower di lapangan Merdeka Kota Bengkulu, akan dirobohkan oleh Pemprov Bengkulu karena kondisi fisik bangunan sudah tua alias rusak berat.(Foto/Ist)

Pemprov Bengkulu Akan Musnahkan Bangunan View Tower Lapangan Merdeka

Bengkulu-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, berencana menghapuskan aset View Tover yang berada di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu dengan cara dirobohkan. Alasanya, untuk keselamatan pengunjung dan masyarakat di sekitar lapangan Merdeka, kerena kondisi fisik bangunan View Tover sudah rusak berat, sehingga dikhawatirkan bangunan ini roboh.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemprov akan segera melaksanakan Fokus Group Discussion (FGD) bersama unsur Forkopimda dan para pihak terkait lainnya.

Hal ini sebagai salah satu landasan untuk menyiapkan regulasi penghapusan aset View Tower yang ada di Lapangan Merdeka. Selain dukungan atas beberapa kajian, seperti dari sisi kajian kelayakan bangunan dan kajian dari sisi kebermanfaatan.

“Jadi, kita rapat membahas revitalisasi Lapangan Merdeka secara teknis bersama 3 OPD yaitu PUPR, Dinas Pariwisata dan BPKD. Utamanya bangunan bagian atas View Tower yang sudah rusak akan kita hapuskan,” kata Asisten II Setda Provinsi Bengkulu RA Denny, usai pimpin Rapat Rencana Penghapusan Aset View Tower, Jumat (26/4/2024).

Ia mengatakan, Pemprov Bengkulu telah membagi tugas kepada tiga OPD tersebut, untuk menyiapkan kajian dan landasan hukum untuk penghapusan aset View Tower yang berada di atas lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

Selanjutnya, kata RA Denny, setelah penyiapan surat-surat oleh dinas yang ditunjuk, maka kemudian akan dilaksanakan FGD bersama Forkopimda dan unsur lainnya untuk membuat dasar hukum penghapusan aset miliar rupaih tersebut.

Pemprov Bengkulu juga akan melibat tokoh budaya dan tokoh masyarakat dalam melakukan revitalisasi Lapangan Merdeka dan penghapusan aset View Tower. Kita akan minta masukan dari mereka, sehingga penghapusan aset View Tower tidak menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari.

Seperti diketahui pembangunan View Tower dilapangan Merdeka, Kota Bengkulu dilaksanakan ketika Gubernur Bengkulu dijabat oleh Agusrin Maryono Najamudin setelah merobohkan bangunan Tugu Monas yang dibangun Gubernur Bengkulu, Adjis Ahmad.

Pembagunan View Tower di lapangan Merdeka, Kota Bengkulu menghabiskan dana APBD Pemprov Bengkulu miliar rupiah. Kini bangunan tersebut, tidak terurus lagi, sehingga kondisi fisik bangunan sudah banyak yang rusak berat.

Bahkan, bagunan bagian atas dari View Tower sudah banyak keropos di makan usia, sehingga dikhawatirkan bangunan ini roboh dan menimpah para pengunjung dan masyarakat yang datang ke tempat tersebut.

Soalnya, setiap sore hari lapangan Merdeka banyak dikunjungi masyarakat, terutama pada hari libur nasional dan perayaan Festival Tabot. Di lapangan Merdeka dijadikan taman dan tempat jajanan makanan produk UMKM dan permainan anak-anak.

Untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan terjadi para pengunjung dan masyarakat ke lapangan Merdeka, Pemprov Bengkulu berencana akan memusnahkan bangunan View Tower tersebut dalam waktu dekat ini.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.