Operasi Nala 2024 Pengamanan Lebaran di Bengkulu Kerahkan Ribuan Personel

oleh -83 Dilihat
Peserta Rakor persiapan Operasi Nala 2024 di Bengkulu dalam rangka pengamanan Idulfitri 1445 Hijriyah.(Foto/Ist)
Peserta Rakor persiapan Operasi Nala 2024 di Bengkulu dalam rangka pengamanan Idulfitri 1445 Hijriyah.(Foto/Ist)

Bengkulu-Untuk menyuksekan Operasi Nala 2024 pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu, akan melibatkan ribuan personel terdiri dari Kepolisian,TNI dan instansi terkait.

Hal tersebut diungkapkan Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim melalui Karo Ops Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo pada Rakor Lintas Sektroral Persiapan Operasi Nala 2024 pengamanan Idulfitri 1445 Hijriyah, di Mapolda Bengkulum Kamis (28/3/2024).

Ia mengatakan, Polda Bengkulu selaku motori dari Operasi Nala 2024 dalam rangka pengamanan Idulfitri 1445 Hijriyah telah menyiapkan ribuan personel berasal dari unsur Kepolisian, TNI, dan sejumlah instansi terkait, seperti Dinkes, BPBD, Dishub, Satpol PP dan lainya.

Instansi tersebut akan dilibatkan langsung dalam pelaksanaan Operasi Nala 2024 di jajaran hukum Polda Bengkulu dengan fokus pengamanan peryaaan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah di daerah ini.

“Kita prediksi puncak arus mudik di Bengkulu akan terjadi pada H-2 lebaran, maka Polda Bengkulu siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, instansi vertikal lainnya. Kami juga sudah menyiapkan pos-pos untuk para pemudik,” ujar Kombes Octo Budhi Prasetya.

Pos-pos pelayanan mudik lebaran tersebut, akan tersebar di beberapa titik dalam wilayah hukum Polda Bengkulu. Disetiap pos akan diisi orang-orang yang berasal dari berbagai instansi terkait dalam Operasi Nala 2024, seperti tenaga kesehatan, anggota Polri, TNI dan lainnya.

Sedangkan untuk arus balik lebaran diperkirakan akan terjadi pada H+4 Idulfitri. Untuk mengatisipasi arus balik lebaran ini, Polda Bengkulu telah menyiapkan sebanyak 2.136 personel.

Mereka terdiri atas anggota Polri sebanyak 1.188 personel, TNI sebanyak 124 personel, dan 824 orang dari instansi terkait. Intsansi terkait ini tergabung dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas serta instansi vertikal lainnya, kata Kombes Pol Octo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu Bambang Agus Supra Budi mengatakan, pihaknya telah penyiapkan armada bus AKAP 121 unit untuk melayani angkutan lebaran 2024 di daerah ini.

“Kami dari Dishub Bengkulu telah menyiapkan bus AKAP sebanyak 121 armada untuk melayani angkutan lebaran di Provinsi Bengkulu. Bus AKAP sebanyak ini berasal dari 7 PO yang ada di Bengkulu. Kami berharap bus yang disiapkan ini dapat melayani para pemudik yang akan pulang kampung menjelang Idulfiti nanti,” ujar Bambang.

Selain itu, Dishub Bengkulu juga menyiapkan sebanyak 30 personel angkutan darat, 15 personel untuk angkutan laut. Mereka ini akan melaksanakan tugas sejak angkutan lebaran 2024 dilaksanakan hingga berakhir angkutan balik lebaran di daerah ini.

Bambang berharap pelaksanaan angkutan lebaran 2024 di Provinsi Bengkulu dapat berjalan baik, lancar dan sukses seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, dia meminta kepada petugas yang sudah ditunjuk terlibat dalam pelayanan mudik lebaran di Bengkulu, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai yang diharapkan.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.