Gubernur Rohidin Kukuhkan Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu

oleh -111 Dilihat
Gubernur Rohidin Mersyah mengukuhkan Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu (KBLB) masa bakti 2022-2025, bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu.(Foto/Ist)
Gubernur Rohidin Mersyah mengukuhkan Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu (KBLB) masa bakti 2022-2025, bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu.(Foto/Ist)

Bengkulu -Memperkuat peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) berbasis kesukuan, jurai dan asal daerah di Provinsi Bengkulu, menurut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, sangat penting dan strategis dalam menjaga harmonisasi daerah.

Dimana didalamnya ada tanggungjawab bersama terkait menjaga kebudayaannya, nama baik dan hubungan kekeluargaan. Baik antar suku (etnis) ataupun di dalam keluarga besar suku masing-masing.

“Ini untuk mengharmonisasi bagaimana daerah ini kita jaga dari sisi kebudayaannya, nama baiknya dan hubungan kekeluargaannya. Nah simpul-simpul seperti ini harus kita bangun secara bersama-sama,” kata Gubernur Rohidin usai mengukuhkan Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu (KBLB) masa bakti 2022-2025, di Bengkulu, Kamis (23/2/2023).

Gubernur Bengkulu menekankan secara pemerintah dirinya bertanggungjawab melakukan pembinaan terhadap semua etnis. Untuk itu, dirinya juga meminta kontribusi terbaik, sumbang saran dari para tokoh setiap etnis yang dirangkum dari aspirasi warga guna mendukung pembangunan Bumi Rafflesia.

“Di tingkat provinsi saya bertanggungjawab untuk membina semua etnis tanpa terkecuali. Selanjutnya peran ormas tentu tolong difungsikan dengan baik, agar rumah besar Bengkulu ini kita jaga bersama marwahnya,” tambahnya.

Ketua Umum KBLB 2022-2025, Ayatul Mukhtadin mengatakan, terdapat 3 agenda utama yang menjadi fokus organisasi dalam 1 tahun kedepan. Mulai dari pembangunan Rumah Adat Suku Lembak, Kamus Bahasa Lembak dan membentuk hukum adat yang diatur secara kenegaraan.

“Jadi, ketiga item ini kita lakukan untuk penguatan peran masyarakat Lembak Bengkulu yang ada selama ini. Sehingga eksistensinya lebih optimal dalam menjaga harmonisasi dan mendukung program pembangunan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut tampak hadir beberapa tokoh Lembak, di antaranya, Rektor UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu, Zulkarnain Dali, Ketua BMA Bengkulu S. Effendi, Kadispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman. Selain itu, juga hadir beberapa Kepala OPD dilingkup Pemrintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, dan para tokoh masyarakat yang mewakili berbagai etnis di Provinsi Bengkulu.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.