50 Titik PLTS Segara Dipasang di Kawasan Wisata Pantai Panjang, Bengkulu

oleh -161 Dilihat
Lampu penerangan jalan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Lampu ini akan dipasang di kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, dalam waktu dekat.(Foto/Ist)
Lampu penerangan jalan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Lampu ini akan dipasang di kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, dalam waktu dekat.(Foto/Ist)

Bengkulu- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, pada tahun ini mendapat bantuan sebanyak 50 lampu penerangan jalan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Sudah ada kepastian dari Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, di kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, akan di pasang lampu jalan dari PLTS sebanyak 50 titik,” kata Hamka Sabri, di Bengkulu, Selasa (2/11/2022).

Bantuan PLTS dari Kementerian ESDM tersebut, akan diterima Pemprov Bengkulu, pada Desember mendatang, dan rencananya langsung dipasang di 50 titik strategis di kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Bantuan ini, katanya diberian Kementerian ESDM setelah diterbitkannya sertifikat hak pengelolaan lahan (HPL) dari Kementerian ATR/BPN di mana Pemerintah Provinsi Bengkulu, sebagai memegang penuh pengelolaan wisata ini.

Untuk itu, Hamka meminta seluruh masyarakat dan pelaku pari wisata di kawasan tersebut, agar dapat menjaga dan menjalankan amanah pengelolaan dengan baik, sehingga kawasan objek wisata ini dapat terawat dan bersih.

Pasalnya, jika kawasan objek wisata ini tidak dikelola dengan baik, maka HPL berpeluang untuk dicabut kembali oleh Kementerian ATR/BPN. “Jadi, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga kawasan objek wisata Pantai Panjang terus maju dan berkembang, serta penjungung semakin banyak kedepan,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan lampu penerangan jalan di kawasan tersebut, dinilai dapat menunjang bagi aktivitas wisata di malam hari sekaligus menghilangkan kesan seram di sepanjang pantai.

Dengan bantuan ini, dia meminta para pelaku wisata yang ada saat ini, agar tetap menyalakan lampu penerangan jalan setelah PLTS terpasang di sejumlah titik di kawasan objek wisata menarik di Kota Bengkulu ini.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.