Wabup Gustianto Minta Remaja Seluma Junjung Tinggi Tagline GenRe

oleh -217 Dilihat
Wakil Bupati Seluma, Gustianto memberikan sambutan pada acara Gran Final Pemilihan GenRE Kabupaten Seluma, Bengkulu pada tahun 2023.(Foto HB/Idris)
Wakil Bupati Seluma, Gustianto memberikan sambutan pada acara Gran Final Pemilihan GenRE Kabupaten Seluma, Bengkulu pada tahun 2023.(Foto HB/Idris)

Bengkulu-Wakil Bupati Seluma, Provinsi Bengkulu, Gustianto mengajak segenap unsur remaja di Seluma untuk menjunjung tinggi tagline Generasi Berencana (GenRe) Indonesia “Setahun Menjabat Seumur Hidup Menginspirasi” agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, GenRe dapat secara nyata berkontribusi dalam penyiapan generasi muda berkualitas dan mampu bersaing secara global dan mengisi pembangunan nasional.

Duta genre nantinya diharapkan dapat mewujudkan generasi yang akan berperan mengajak rekan sebaya, lingkungan dan masyarakat tentang pentingnya menjadi generasi berencana dan generasi emas yang termasuk upaya dalam percepatan dan penurunan stunting melalui perannya sebagai generasi muda.

Hal itu disampaikan Wabup Seluma Gustianto pada pembukaan Grand Final Pemilihan Duta GenRe tingkat Kabupaten Seluma tahun 2023, di Tais Kamis (23/11/2023). Ia mengatakan, dalam upaya penyiapan generasi di Seluma yang berdaya saing, pemerintah kabupaten terus meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan agar remaja mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak agar dapat bersaing ditingkat nasional sampai mendunia.

“Tentunya ini merupakan tanggungjawab kita bersama, dimulai dari keluarga yang akan lahir generasi-generasi penerus harapan bangsa,”kata Gustianto.

Plt Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, M.Iqbal Apriansyah, mengapresiasi langkah yang dilakukan pemkab setempat dengan menggelar pemilihan dan seleksi Duta GenRe tahun ini.

“GenRe merupakan wadah atau tempat berkumpulnya remaja yang positif untuk membentengi diri dari perilaku yang menghambat masa depan anak bangsa dan membentengi remaja secara substansi tentang kesehatan reproduksi,” ujar Iqbal.

Ia mengajak remaja yang telah menerima pengetahuan tentang Triad KRR agar dapat menjadi konselor dan pendidik sebaya baik dilingkungan keluarga, masyarakat hingga terhadap teman sebaya di lingkungan sekolah, pinta Iqbal.

“Kami berharap GenRe menerapkan materi tentang 8 Substansi Genre yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), 8 Fungsi Keluarga, Pernikahan usia anak, Life Skill, KIE/Advokasi, Gender, Free Sex dan Napza, Kesehatan Reproduksi, Triad KRR serta stunting yang menjadi prioritas nasional”, pinta Iqbal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Seluma Suardi menyebutkan pemilihan Duta Genre dilaksanakan melalui proses panjang mulai dari roadshow dan sosialisasi ke sekolah dan kelompok PIK- R.

Sejak Juli 2023 lalu proses seleksi telah dimulai yang diikuti peserta sebanyak 70 orang dan yang lolos tahap seleksi dan telah terpilih sebanyak 20 orang yang menjadi peserta terbaik hingga lolos dan masuk nominasi 10 besar. Peserta 10 putra dan 10 putri se-kabupaten Seluma berasal dari sekolah tingkat SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Seluma.

Didepan Wakil Bupati dan pejabat dilingkup Pemkab Seluma, Suardi menyampaikan bahwa pemilihan Duta GenRe tingkat daerah ini untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan gizi remaja. Serta agar dapat memperluas keterpaparan Program Genre dilingkungan masyarakat.

Yang istimewa lagi bahwa hal itu bertujuan agar dapat meningkatkan kapasitas dan kreatifitas remaja untuk menghadapi bonus demografi untuk Indonesia Emas serta menjadikan remaja menjadi delivery agent terhadap upaya percepatan dan penanggulangan penurunan stunting dari hulu, sebut Suardi.

Ia menambahkan, melalui kelompok GenRe agar dapat meningkatkan pemahamaan tentang Program Bangga Kencana Khususnya bagi Generasi Berencana. Dan dapat meningkatkan promosi dan informasi tentang penundaaan usia kawin (PUP), penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif serta pencegahan seks bebas dan pernikahan usia anak.

Pada seleksi Duta GenRe di Kabupaten Seluma, meraih peringkat I putera dimenangkan M.Iqbal Zafarullah siswa asal SMAN I Seluma. Pada posisi ke II diraih Duta Pranata, siswa asal SMAN I Seluma dan pada peringkat III Iksan Beni S, siswa SMAN I Seluma.

Sedangkan pada kategori puteri juara I diraih Celsi Aprilia siswi asal SMAN I, juara II puteri direbut Mutiara Hidayat siswi SMA 3 Seluma dan peringkat III puteri diraih Leny Tri Tahta, siswi SMAN I.(irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.