Tumbuhkan Semangat Nasionalisme, BKKBN Gelar Lomba Tebak Baju Adat

oleh -144 Dilihat
Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Nesianto menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba baju adat dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022.(Foto HB/Idris)
Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Nesianto menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba baju adat dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022.(Foto HB/Idris)

Bengkulu- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, dilingkup Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan, di antaranya lomba tebak bayu adat guna menumbuhkan semangat nasionalisme.

Lomba tebak bayu adat tersebut, digelar seusai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di halaman kantor BKKBN Bengkulu, Rabu (17/8/2022) itu, diikuti keluarga besar BKKBN setempat.

Sejumlah karyawan dan keluarga ikuti tebak gambar pakaian baju adat digunakan Presiden RI Joko Widodo saat upacara HUT RI ke- 77 tahun 2022. Edi Pranata (27), salah seorang personel aparatur sipil negara (ASN) Perwakilan BKKBN Bengkulu, keluarga sebagai juara pada perlombaan tersebut.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Nesianto mengatakan, perlombaan yang digelar ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan hari jadi HUT Kemerdekaan RI ke-77 di lingkungan BKKBN Bengkulu. Hal itu guna menumbuhkan dan meningkatkan semangat jiwa nasionalisme para karyawan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, kata Nesianto, pada HUT RI ke-77 tahun ini mengenakan baju adat Dolomani asal Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dimana sebelumnya pada HUT RI 2021, Kepala Negara mengenakan baju adat Suku Baduy, Banten.

Menurut Nesianto, pakaian adat nusantara yang selalu digunakan pada hari besar dan kegiatan kenegaraan itu sebagai upaya pemerintah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, khsusnya terhadap generasi penerus bangsa.

Nesianto menambahkan, jiwa nasionalis itu adalah sikap mental dan tingkah laku individu maupun masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

Nasionlisme sangat diperlukan dalam kelangsungan suatu negara, dengan harapan memunculkan rasa persatuan dalam berbangsa dan bernegara.

“Tebak gambar pakaian adat nusantara itu sebagai edukasi masyarakat untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda terutama pelajar Indonesia sebagai penerus bangsa ini,” demikian Nesianto.(rs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.