Rektor Universitas Bengkulu Kukuhkan 10 Guru Besar Secara Serentak

oleh -213 Dilihat
Rektor Universitas Bengkulu (Unib), Retno Agustina Ekaputri memasangkan samir dan kalung guru besar kepada Prof Dwatmadji dan Prof Roosemarina pada acara pengukuhan 10 guru besar di perguruan tinggi dilaksanakan secara serentak, Kamis 14 Desember 2023.(Foto/ Humas Unib)
Rektor Universitas Bengkulu (Unib), Retno Agustina Ekaputri memasangkan samir dan kalung guru besar kepada Prof Dwatmadji dan Prof Roosemarina pada acara pengukuhan 10 guru besar di perguruan tinggi dilaksanakan secara serentak, Kamis 14 Desember 2023.(Foto/ Humas Unib)

Bengkulu- Sebanyak 10 orang guru besar Universitas Bengkulu (Unib) dikukuhkan secara serentak dalam rapat senat terbuka dipimpin Ketua Senat Unib Prof Safnil, bertempat di Gedung Serba Guna (GSD) Unib, Kamis (14/12/2023).

Dengan dikukuhkanya sebanyak 10 orang guru besar tersebut, maka hingga Desember 2023, jumlah tenaga pengajar di Unib yang berpredikat professor sebanyak 68 orang dengan berbagai spesialisasi keilmuan. Acara pengukuhan guru besar ini dihadiri ratusan undangan dari berbagai unsur, termasuk keluarga dan kolega para guru besar tersebut.

Pengukuhan guru besar ini dilakukan langsung oleh Rektor Unib Dr Retno Agustina Ekaputri. Adapun 10 guru besar yang dikukuhkan tersebut, antara lain Prof Ashar Muda Lubis sebagai guru besar Bidang Ilmu Fisika Kebumian pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof Muria Herlina sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Prof Dwatmadji sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Ternak Potong Fakultas Pertanian (FP).

Selanjutnya Prof Roosemarina Anggraini Rambe sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prof Agustin Zarkani sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hama Tanaman (Entomologi) Fakultas Pertanian (FP), dan Prof Dian Eka Chandra sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Prof Rizwar dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Biologi Lingkungan (Ekologi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof Agus Susanta sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof Reny Herawati sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Bioteknologi Tanaman Fakultas Pertanian (FP) dan Prof Marlin dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Bioteknologi Tanaman Fakultas Pertanian (FP).

Sebelum dikukuhkan, 10 guru besar ini terlebih dulu dilakukan pengenalan singkat terhadap masing-masing guru besar dengan pembacaan curriculum vite para guru besar oleh dekan masing-masing fakultas yang terkait. Kemudian, pemutaran video singkat tentang perjalanan hidup masing-masing guru besar, serta penyampaian Orasi Ilmiah oleh para guru besar Prof Rizwar dan Prof. Agus Susanta.

Orasi ilmiah pertama disampaikan Prof Ashar Muda Lubis dengan judul orasi Peran Fisika Kebumian Dalam Ekplorasi Potensi Sumber Daya Alam Abiotik Di Daerah Back-ARC Basin Sumatera dan orasi ilmiah oleh Prof Muria Herlina dengan judul Kinerja Akademik Dan Lingkungan Sosial Remaja Perokok di Kota Bengkulu Indonesia : Pendekatan Mixed Research.

Kemudian, orasi ilmiah oleh Prof Dwatmadji, dengan judul “Sistem Integrasi Kelapa Sawit – Ternak (SISNAK) Untuk Meningkatkan Ketersediaan Daging Nasional Yang Berkelanjutan.” Disusul orasi olmiah oleh Prof. Roosemarina Anggraini Rambe, dengan judul “Efisiensi Belanja Pemerintah Daerah di Indonesia.”

Selanjutnya, orasi ilmiah disampaikan oleh Prof. Agustin Zarkani, dengan judul “Spesies Baru dan Spesies Rekam Baru Serangga Kutu Putih (Hemiptera: Pseudococcidae) di Indonesia.” Dilanjutkan orasi ilmiah oleh Prof. Dian Eka Chandra Wardhana, dengan judul “Merajut Bahasa Indonesia Untuk Bahasa Indonesia Di Masa Depan.” Dan Prof. Rizwar, dengan judul orasi “Kajian Gangguan Eksternal Pada Populasi Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Bengkulu Utara – Mukomuko dan Suaka Margasatwa Padang Sugihan Sumatera Selatan.

Berikutnya lagi, orasi ilmiah oleh Prof. Agus Susanta, dengan judul “Task Matematika Berbasis Konteks Lokal dalam Menunjang Kemampuan Literasi Siswa sebagai Tuntutan Abad 21.” Prof. Reny Herawati, menyampaikan orasi berjudul “Aplikasi Bioteknologi Dalam Perakitan Varietas Padi Gogo.” Serta, Prof. Marlin, menyampaikan orasi dengan judul “Pemanfaatan Marka Genomik dan Metabolomik dalam Perkaitan Benih Unggul Bawang Merah.”

Setelah para Guru Besar menyampaikan orasi ilmiah yang masing-masing berdurasi 10-15 menit, baru kemudian pengukuhan dilakukan. Kata-kata pengukuhan diucapkan oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri didampingi Ketua Senat UNIB Prof. Safnil, dilanjutkan pemasangan Samir dan Kalung Tanda Kehormatan Guru Besar kepada masing-masing professor.(unib/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.