Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, Kodim 0425 Seluma Gelar Baksos Pelayanan KB Gratis

oleh -580 Dilihat
Komandan Distrik Meliter (Kodim) 0425 Seluma, Bengkulu, Letkol Inf Syafrinaldi (kedua dari kanan), Asisten I Pemkab Seluma, Hendarsyah, Koordinator KB-KR BKKBN Provinsi Bengkulu, Zainin dan Kepala DP3APPKB Seluma, Suardi (paling kiri) mengikuti teleconference memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, bertempat di Makodim Seluma.(Foto HB/Idris)
Komandan Distrik Meliter (Kodim) 0425 Seluma, Bengkulu, Letkol Inf Syafrinaldi (kedua dari kanan), Asisten I Pemkab Seluma, Hendarsyah, Koordinator KB-KR BKKBN Provinsi Bengkulu, Zainin dan Kepala DP3APPKB Seluma, Suardi (paling kiri) mengikuti teleconference memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, bertempat di Makodim Seluma.(Foto HB/Idris)

Seluma –Dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2022, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar bakti sosial (baksos) pelayanan keluarga berencana (KB) gratis secara serentak di Tanah Air.

Puncak hari kontrasepsi tahun ini dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bertepatan dengan penutupan Roadshow Ketua Umum Dharma Pertiwi dalam rangka percepatan penurunan stunting dan dilakukan teleconference pelayanan KB
serentak di kabupaten dan kota seluruh Indonesia pada tanggal 29 September 2022.

Menindaklanjuti hal itu, Komando Resort Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu, bersinergi bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu menggelar baksos pelayanan KB dan sosialisasikan program Bangga Kencana melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0425 Seluma, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Seluma, Kamis (29/9/2022).

Acara teleconference dan pelayanan KB gratis itu, berlangsung di Makodim 0425 Seluma. Bakti sosial ini dihadiri Dandim 0425 Seluma, Letkol Inf Syafrinaldi, Asisten I Pemkab Seluma, Hendarsyah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, diwakili Koordinator Bidang KB-KR, Zainin, Kepala DP3APPKB Seluma, Suardi, dan Ibu Persit Kodim 0425 setempat.

Selain pelayanan KB, Kodim 0425 Seluma juga menggelar bakti sosial (baksos) donor darah, diikuti personel TNI AD, dan masyarakat di daerah setempat.

Dandin 0425 Seluma, Letkol Syafrinaldi mengatakan, kegiatan baksos KB ini dilaksanakan sebagai upaya dalam percepatan penurunan kasus stunting di Tanah Air, termasuk di Kabupaten Seluma sesuai amanatkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting. Hal ini pula yang menjadi dasar dilakukan aksi konvergensi.

Untuk percepatan penurunan stunting di daerah, termasuk di Kabupaten Seluma, kata Dandim Seluma, pihaknya mendukung penuh program nasional dan daerah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera dengan menggalakkan beberapa program diantaranya mengembangkan program ketahanan pangan lokal.

TNI AD Manunggal air bersih akan menyasar tiga titik wilayah di Seluma, yakni Desa Padang Capo, Lubuk Sandi dan Talo. Kegiatan manunggal air bersih tersebut tengah berjalan dan optimistis pada akhir 2022 dapat menyentuh seluruh wilayah tersebut.

“Kita bersama pemerintah daerah kabupaten memanfaatkan lahan tidur untuk dikonversi menjadi lahan produktif, sejumlah Babinsa akan membina masyarakat desa untuk menanam pangan lokal, seperti singkong, jagung dan tanaman lainnya yang diperlukan masyarakat dalam membantu pemenuhan gizi,” ujarnya.

Dandim Syafrinaldi menambahkan, dalam penanganan stunting pihaknya ikut serta mensosialisasikan pentingnya penggunaan kontrasepsi bagi pasangan usia subur, dan bersama Kementerian Agama setempat melibatkan personel bintara pembina desa (Babinsa) turut mengkampanyekan cegah nikah usia anak.

Sosialisasi itu dilakukan pada kegiatan pembinaan masyarakat desa di tiap koramil di jajaran Kodim 0425 Seluma. Hal ini dilakukan agar program penurunan stunting di Provinsi Bengkulu, dapat direalisasikan sesuai target pada 2024 mendatang.

Pelayanan KB Gratis

Sementara itu, Kepala Dinas DP3APPKB Kabupaten Seluma, Suardi, menyebutkan bahwa pada puncak hari kontrasepsi tahun ini, pemerintah daerah setempat bersinergi dengan Kodim 0425 Seluma dengan menggelar berbagai aksi untuk pencegahan stunting.

Adapun aksi itu, di antaranya pelayanan KB gratis di pusatkan di Kecamatan Talo dengan menyasar sebanyak 54 akseptor. Peserta KB sebanyak itu menggunakan kontrasepsi jangka panjang seperti implant sebanyak 26 akseptor, suntik terdapat tujuh peserta, pil 11 orang dan terdapat 10 peserta menggunakan kondom.

Kegiatan pelayanan KB gratis bersama Kodim Seluma ini berhasil menyasar sebanyak 1.783 akseptor atau sekitar 77 persen dari target sebanyak 2.313 perserta KB.

Pelaksanaan KB gratis ini melibatkan petugas PKB dan Babinsa dan terus menggaungkan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di wilayah ini, demikian Suardi.(ids)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.