Peringati Hari Bhakti Rimbawan Ke-41, Bengkulu Laksanakan Tanam Bersama di Benteng

oleh -37 Dilihat
Bupati Benteng, Heryadi Roni, Tenaga Ahli Menteri LHK, Helmi Basalama dan Kepala BPDAS Ketahun, Bengkulu foto bersama para kepala OPD lingkup Pemprov Bengkulu, Pemkab Benteng, Forkopimda dan pejabat dari instansi lainnya usai melaksanakan penanama bersama memperingati HUT Rimbawan ke-41 tahun 2024.(Foto/BPDAS Ketahun)
Bupati Benteng, Heryadi Roni, Tenaga Ahli Menteri LHK, Helmi Basalama dan Kepala BPDAS Ketahun, Bengkulu foto bersama para kepala OPD lingkup Pemprov Bengkulu, Pemkab Benteng, Forkopimda dan pejabat dari instansi lainnya usai melaksanakan penanama bersama memperingati HUT Rimbawan ke-41 tahun 2024.(Foto/BPDAS Ketahun)

Bengkulu- Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-41 tahun 2024, dilaksanakan penanaman serentak di Provinsi Bengkulu, dipusatkan di komplek rumah dinas Bupati Bengkulu Tengah Desa Ujuang Karang, Kecamatan Karang Tinggi.

Kegiatan penanaman dipimpin Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc melalui teleconference zoom meeting yang diikuti oleh seluruh Indonesia ini berjalan lancar, aman dan sukses.

Acara penanaman serentak di Provinsi Bengkulu ini dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) diwakili Tenaga Ahli Menteri   Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Pembinaan Partisipasi Masyarakat dan Generasi Lingkungan, Ir Helmi Basalamah,  Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr Heriyandi Roni,  Forkopimda dan para Kepala  OPD dilingkup Pemprov Bengkulu dan Pemkab Bengkulu Tengah.

Balai Pengelolan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ketahun, Bengkulu sebagai koordinator wilayah Provinsi Bengkulu mempersiapkan sarana dan prasarana penanaman yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dalam kegiatan tersebut, telah dilakukan penanaman bibit yang telah disediakan BPDAS Ketahun, Bengkulu sebanyak 300 Batang, terdiri atas bibit Alpukat dan Durian. Penanaman bibit buah-buahan tersebut, dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Turut hadir dalam acara penanaman bibit buah-buahan serentak ini, antara  lain mahasiswa, aktivis, kelompok tani, anak sekolah, dan Green Ambassador yang telah dibentuk oleh Kementerian LHK.

Kegiatan penanaman serentak 2024, dimaksudkan untuk menggerakan seluruh pihak dalam mendukung upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini, sebagai pencanangan kegiatan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan oleh semua masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Kepala BPDAS Ketahun, Bengkulu, Sigit Haryadi, S.Hut,M.Eng, M.Sc.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Tengah, Heriyadi Roni mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian LHK dalam hal ini, BPDAS Ketahun, Bengkulu, yang telah berpartisipasi dalam pembangunan mitigasi bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Pemkab Bengkulu Tengah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian LHK dan BPDAS Ketahun, Bengkulu yang telah berpartisipasi dalam pembangunan mitigasi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bengkulu Tengah. Kita berharap dari kegiatan penanam ini kondisi lingkungan di Bengkulu Tengah terjaga dengan baik,” ujar Heriyadi.

Kegiatan tanam serentak memperingati Hari Rimbawan 2024 ini, selain melakukan rehabilitasi hutan dan lahan juga membangun konservasi tanah dan air, pemasangan alat pemantau klimatologi, penyediaan bibit produktif dan bibit persemaian permanen.

“Kami berharap kegiatan penanaman serentak ini menjadi ikhtiar baik kita semua dalam rangka membangun mitigasi bencana agar dapat berjalan dengan baik,” demikian Bupati Heriyandi Roni.(min)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.