Pemerintah Pusat Akan Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

oleh -76 Dilihat
Gerbang jalan tol Bengkulu-Tabah Penanjung, Bengkulu Tengah sepanjang 17,5 km.(Foto/Pemprov Bengkulu)
Gerbang jalan tol Bengkulu-Tabah Penanjung, Bengkulu Tengah sepanjang 17,5 km.(Foto/Pemprov Bengkulu)

Bengkulu-Pemerintah pusat melalui Menteri Bappenas menjamin pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel sepanjang 95,8 kilomenter (km) akan dilanjutkan sampai selesai dalam waktu dekat.

“Hasil rapat bersama Menteri PPN, Suharso Manrofa dan Kepala BPM Pusat memutuskan pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel sepanjang 95,8 km akan dilanjutkan dalam waktu dekat ini,” kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Selasa (16/4/2024).

Ia mengatakan, hasil rakor di Jakarta bersama Menteri PPN memastikan tol Bengkulu-Lubuklinggau akan dilanjutkan dari anggaran APBN. Muda-mudahan bisa lanjut, termasuk infrastruktur yañg dikerjakan dengan APBD. Kemungkinan pembangunan jalan tol dilanjutkan tahun 2025 atau 2026 mendatang.

Selain itu, ada beberapa ruas jalan tol masuk rencana kerja yang telah disepakati oleh Pemerintah Pusat. “Bisa jadi tahun ini, 2025 atau 2026 sudah disepakati beberapa ruas tol masuk rencana kerja pemerintah pusat,” tambah Rohidin.

Seperti diketahui, saat ini pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuk linggau baru diselesaikan seksi pertama sepanjang 17,5 KM dari Kota Bengkulu-Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sebelumnya, panjang jalan tol Bengkulù-Lubuklinggau, Sumsel 95,8 km dikerjakan dalam 3 seksi. Namun, baru dikerjakan satu sesi jalan tol kebanggaan masyarakat Bengkulu, terhenti dan belum ada tanda-tanda akan dilanjutkan kembali pada tahun 2024 ini.

Dari pantuan di lapangan, jalan tol Bengkulu-Tabah Penanjung sepanjang 17,5 km yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya sudah berfungdi sejak setahun lalu. Sebagian besar kendaraan yang melintas di jalan ini milik prabadi.

Sedangkan truk besar angkutan barang dan batubara masih melalui jalan nasional yang ada selama ini. Hal ini menyebabkan meski ada jalan tol, tapi tidak banyak dilalui oleh kendaraan truk besar angkutan barang dan batubara.

Namun demikian, masyarakat Bengkulu tetap berharap pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau, Sumsel tetap dilanjutkan sampai selesai, sehingga jarak tempuh Bengkulu-Palembang lewat Lubuklinggau semakin singkat kedepan.

Dengan demikian, arus jasa dan barang dari dan ke Bengkulu semakin meningkat kedepan, sehingga pertumbuhan ekonomi provinsi ini akan meningkat sesuai harapan di masa mendatang.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.