Jalur Tol Luat Bengkulu-Tanjung Priok Akan Dibuka Kembali

oleh -163 Dilihat
Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu.(Foto/Dokumen)
Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu.(Foto/Dokumen)

Bengkulu-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, akhirnya memutuskan akan kembali mengaktifkan pelayanan trayek Tol Laut Bengkulu -Tanjung Priok, Bengkulu-Tanjung Perak dan Tol Bengkulu- Tanjung Emas dalam waktu dekat guna memperlancar angkutan barang ke daerah ini

Rencana ini disepakati setelah dilakukan rapat lanjutan pembahasan trayek tol Laut Bengkulu bersama Mitra Laut Bengkulu, dinas terkait dan beberapa pelaku usaha, Balai Balai Raya Semarak Bengkulu, dipimpin langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Gubernur Rohidin mengatakan, untuk mengaktifkan Tol Laut Bengkulu tersebut, dalam waktu dekat Pemprov Bengkulu akan berkoordinasi langsung dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal ini dilakukan mengingat cukup banyak potensi hasil pertanian Bengkulu, seperti kopi, teh dan komoditas lainnya sangat potensial untuk dikirim melalui Tol Laut.

“Dengan dihidupkan Tol Laut Bengkulu, maka biaya transportasi akan lebih murah hingga 30 persen dibandingkan melalui jalur darat. Dari segi keamanan juah lebih aman dan risiko di jalan lebih rendah. Jadi dalam waktu dekat saya akan bertemu Kemenhub,” kata Gubernur Rohidin kepada wartawan, di Bengkulu, Sabtu (3/2/2024).

Meskipun sepanjang tahun 2023 Tol Laut Bengkulu-Tanjung Priok telah diuji coba bahkan dibuka untuk umum, diakui Gubernur Rohidin, selama ini para pengusaha lebih familiar menggunakan jalur darat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Suprabudi mengatakan, diaktifkannya Tol Laut Bengkulu ini karena adanya permohonan dari PT Padang Capo Jaya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Di mana sebelumnya, perusahaan ini di awal tahun 2024 sempat menggunakan peti kemas di Pelabuhan Pulau Baai dengan menggunakan jalur bisnis.

“Jadi, akan kita dorong pengaktifan Tol Laut Bengkulu ini, karena pihak perusahaan bisa menjamin dalam satu periode ekspor kopi bisa mencapai 1.200 ton serta ekspor lainnya, seperti ekspor teh dan buah. Apalagi dari 13 kontainer yang tersedia pihak perusahaan membutuhkan 50 kontainer,” jelasnya.

Sementara itu, selaku Direktur Pemasaran PT. Padang Capo Jaya Dirmansyah menyatakan, sebagai perusahaan ekspedisi pihaknya mengaku sangat terbantu dan mengapresiasi Pemprov Bengkulu dengan dibukanya Tol Laut Bengkulu – Tanjung Priok ini.

Menurutnya menggunakan angkutan tol laut, selain lebih murah dalam hal biaya angkut juga memberikan jaminan keamanan bagi barang yang dikirimkan ke Pulau Jawa.  “Kami sangat berterima kasih khususnya kepada Bapak Gubernur yang bersemangat sekali menghidupkan Tol Laut Bengkulu ini. Jadi dengan fasilitas ini komoditi Bengkulu ke depan bisa lebih tinggi harganya,” tandasnya.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.