Gubernur Rohidin : Pasca Pemilu Bengkulu Kondusif dan Aman

oleh -66 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah (Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah (Foto/Ist)

Bengkulu- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pasca pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu, di Bengkulu, sampai saat ini dalam kondisi aman dan kundusif sehingga aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa.

“Alhamdulilah Pemilu di Bengkulu dalam suasana damai dan kondusif. Sekarang kita masih menunggu tahapan perhitungan suara, dan yang berhak mengumumkan hasilnya adalah KPU. Saat ini sedang berlangdung pleno di tingkat knecamatan,” kata Gubernur Rohidin di Balai Raya Semarak, Rabu (21/02/2024).

Ia berharap selama proses pelaksanaan pleno di kecamatan para penyelenggara Pemilu diminta mengedepankan kejujuran dan tidak berlaku kecurangan. Dengan demikian, pelaksanaan pleno tingkat kecamatan dapat berjalan lancar dan sukses.

“Kami minta kepada semua penyelenggara mengedepankan kejujuran jangan pernah ada sedikitpun manipulasi suara karena suara masyarakat harus betul dijaga. Ini saya ingatkan,” tambah Gubernur Rohidin.

Selain itu, Gubernur Rohidin juga menilai proses terjadi keributan selama pemilu itu dikarenakan adanya dugaan manipulasi suara yang dinilai merugikan salah satu calon atau saksi suara para calon tersebut.

“Kalaupun dia menang artinya suara rakyat untuk dia. Kalaupun dia harus kalah artinya posisinya harus kalah. Memancing keributan itu sering ada dugaan manipulasi (suara pemilu) itu,” tutup Gubernur Rohidin.

Dari hasil hitungan real count KPU, calon DPD-RI yang diberkirakan masuk ke Senayan tercatat 4 orang, yakni Elisa Ermasari, Desta Khalisani, Leny Jhon Latif dan Sultan Najumdin. Empat dari 3 calon DPD-RI dapil Bengkulu yang diperkirakan masuk ke senayan, Jakarta merupakan wajah baru dan satu orang lagi incumbent.

Sedangkan tiga calon DPD incumber lainnya, Riri Damayanti dan Eni Kharani memang tidak mencalon lagi dan Ahmad Kanedi tidak lolos ke Senayan karena perolehan suaranya rendah.

Sementara untuk 4 calon DPR-RI dari dapil Bengkulu yang diperkirakan masuk melanggang ke Senayan, Jakarta, hasil Pemilu 14 Februari lalu, yakni Derta Rohidin (Golkar), Eko Mian (PDIP), Dewi Choryati dan M Soleh (Golkar) atau Ratna Sari Dewi (Nasdem).

Dari perolehan suara sementara menurut real count KPU, M Soleh (Golkar) dan Erna Sari Dewi (Nasdem) bersaing ketat untuk memperebutkan kursi keempat dari Dapil Bengkulu.(mc/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.