Gubernur Rohidin Mersyah: Kemampuan Literasi Kuat Majukan Daerah

oleh -175 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyematkan selendang kepada Duta Literasi Provinsi Bengkulu, Bunda Derta Wahyulin untuk masa bakti 2022-2024 mendatang.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyematkan selendang kepada Duta Literasi Provinsi Bengkulu, Bunda Derta Wahyulin untuk masa bakti 2022-2024 mendatang.(Foto/Ist)

Bengkulu- Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan literasi tidak hanya sekedar membaca, tapi juga menulis, kemudian berbicara hingga memahami, sehingga pada akhirnya dengan kemampuan tersebut, seseorang mampu mengatasi persoalan dalam kehidupannya.

“Itu semua bagian dari literasi, sehingga kemampuan literasi tidak hanya sekedar bagi pembaca, tapi juga bagi teman-teman penulis. Ini juga akan sangat berpengaruh sekali pada perubahan watak atau prilaku kita,” kata Gubernur Rohidin seusai mengukuhkan Bunda Literasi Provinsi Bengkulu dan kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu, masa bakti 2022-2024, sekaligus membuka Workshop Bunda Literasi/ Duta Baca serta Penggiat Literasi se-Provinsi Bengkulu, di Bengkulu, Senin (5/9/2022).

Ia mengatakan, sebaliknya jika kemampuan literasi yang lemah akan membuat daerah jadi tidak maju, termasuk bagaimana membuat cerita atau pemberitaan yang bisa berdampak kepada pemikiran yang positif, membangun pola pikir yang bagus dan membangun semangat saling menguatkan. “Kita semua paham kalau daerah maju, bangsa maju pasti kemampuan literasinya cukup bagus,” tutupnya.

Seperti diketahui Bunda Literasi Provinsi Bengkulu, dijabat oleh istri Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, sekaligus Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin. Sementara Bunda Literasi tingkat kabupaten dan kota dijabat oleh para istri bupati dan wali kota se-Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Meri Sasdi mengatakan, kehadiran Bunda Literasi Provinsi dan Bunda Literasi kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu, sebagai motivator dan inisiator dalam rangka peningkatan indeks literasi dan kegemaran membaca di Provinsi Bengkulu.

“Di mana ini akan meningkatkan IPM kita, meningkatkan kualitas SDM kita dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan menuju Bengkulu yang maju, sejahtera dan hebat,” ujarnya.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.