Festival Tabut 2023, Tampilkan Kolaborasi Budaya Kesenian Nusantara

oleh -159 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah foto bersama Bupati Mukomuko, Sapuan, Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rivai Tajuddin, anggota DPD-RI dapil Bengkulu, Ahmad Kanedi dan pejabat Pemprov Bengkulu, usai membuka Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka, Selasa malam.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah foto bersama Bupati Mukomuko, Sapuan, Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rivai Tajuddin, anggota DPD-RI dapil Bengkulu, Ahmad Kanedi dan pejabat Pemprov Bengkulu, usai membuka Festival Tabut 2023 di Lapangan Merdeka, Selasa malam.(Foto/Ist)

Bengkulu-Festival Tabut 2023, resmi dibuka Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Event tahunan ini masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Tabut Bengkulu, saat ini sudah masuk dalam KEN 2023, hal ini tidak lain dari kekuatan budaya yang ditampilkan dan peran kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat,” ujar Gubernur Roohidin usai membuka Festival Tabut 2023, di Lapangan Merdeka Bengkulu, Selasa (18/7/2023).

Rohidin mengatakan, pelaksanaan tabut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram), ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Bengkulu yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19. “Sekarang mulai terasa, pergerakan ekonomi di masyarakat lewat sinergi bersama para pelaku UMKM pada setiap event tabut yang dilaksanakan dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Ia menambahkan, momen tabut ini akan menampilkan berbagai kesenian dari pelaku seni di Provinsi Bengkulu, dan ada juga lomba-lomba untuk memeriahkan Festival Tabut 2023 seperti atraksi dhol, tari kreasi, telong-telong, dan ikan-ikan. Di samping itu, ada kolaborasi budaya antar provinsi-provinsi tetangga,” ujarnya.

“Malam ini tadi sudah tampil kolaborasi budaya dari DKI dengan Ondel-Ondel dan Barong Landong budaya khas masyarakat Lembak. Antusias untuk tampil dari berbagai macam keragaman budaya kesenian Bengkulu ini semakin besar di bawah Asosiasi Kesenian Bengkulu, yang setiap malam akan menampilkan kesenian yang ada di Provinsi Bengkulu,” ujar Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno turut menyapa masyarakat Bengkulu secara online. Menurutnya, ditetapkannya Festival Tabut dalam KEN 2023 diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Semoga event berjalan dengan lancar dan terus mempromosikan daya tarik Parekraf Provinsi Bengkulu yang berdampak positif pada peningkatan ekonomi nasional serta menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ucap Sandiaga lewat pesan video.

Sandiaga juga turut mengajak seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu untuk ikut memeriahkan Festival Tabut 2023. “Ayo meriahkan, Tahun lalu saya sudah datang ke Festival Tabut. Tentunya event ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam memajukan sektor Parekraf di provinsi Bengkulu,” katanya.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.