Dekranasda Provinsi Bengkulu Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

oleh -466 Dilihat

Bengkulu-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, ada tiga sektor ekonomi yang akan menguasai sistem perekonomian nasional dan global, yakni ekonomi kreatif, ekonomi hijau dan ekonomi digital.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Rohidin Mersyah, saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bengkulu. Raderka ini mengangkat tema “Perajin Bangkit, Bengkulu Hebat.”

Salah satu subsektor dari ekonomi kreatif adalah industri kerajinan. Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung Lomba Karya Kriya Daerah yang turut diselenggarakan dalam rangkaian Rakerda Dekranasda Provinsi Bengkulu, tahun 2022.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kita berharap lomba ini membangkitkan kembali semangat dan kreativitas dari para perajin di daerah,” ujarnya.

Gubernur Rohidin mengharakan perlu adanya pemetaan bahan baku lokal unggulan di daerah. Selain itu, para perajin juga perlu mendapatkan pelatihan keterampilan termasuk penerapan teknologi baik dalam proses kreatif maupun proses produksi.

Sebagai induk dan payung pelaku usaha IKM/UMKM, khususnya sektor kerajinan, Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin menjelaskan, saat ini sudah ada klinik GO Online di Dekranasda Provinsi Bengkulu, yang bisa membantu para perajin mempercantik desain kemasan, tampilan foto produk, dan membantu para perajin melakukan pemasaran secara online di marketplace secara gratis.

Ciptakan Kemintraan

Derta mengatakan, Dekranasda juga menciptakan hubungan kemitraan secara terus menerus dengan lembaga bidang kerajinan terkait untuk mendorong perluasan akses pasar bagi produk kerajinan daerah dengan mengikuti event pameran sekala nasional maupun internasional.

“Dekranasda Bengkulu, terus mendorong regenerasi sumber daya manusia atau perajin untuk meningkatkan daya saing produk berbasis kearifan lokal dengan selera global,” ujar Derta.

Selain menggelar lomba Karya Kriya Daerah pada rangkaian Rakerda kali ini juga menyelenggarakan lomba anjungan terbaik. Berikut daftar pemenangnya:

Juara Lomba Karya Kriya Daerah Terbaik meliputi, Kabupaten Bengkulu Tengah dengan karya aneka Kriya Bambu, Kota Bengkulu dengan karya miniatur kapal nusantara dan Kabupaten Rejang Lebong dengan Karya Pernikahan Bambu Kayu.

Sedangkan untuk juara harapan meliputi,Kabupaten Kepahiang dengan karya pemanfaatan limbah Bambu. Untuk juara lomba anjungan terbaik, yakiniu Dekranasda Kabupaten Rejang Lebong, . Dekranasda Kabupaten Mukomuko dan Dekranasda Bengkulu Utara. Sedangkan Kota Bengkulu hanya mendapat juara harapan, serta
juara harapan diraih Dekranasda Kota Bengkulu.(mc/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.