BKKBN Bengkulu Evaluasi Pelaksanakan SIGA di Kabupaten Kepahiang

oleh -119 Dilihat
Plt Kepala BKKBN Bengkulu, Iqbal Apriansyah dan Tim SIGA melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepahiang untuk melakukan evaluasi pe laksanaan SIGA tahun 2023 di daerah ini.(Foto HB/Idris)
Plt Kepala BKKBN Bengkulu, Iqbal Apriansyah dan Tim SIGA melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepahiang untuk melakukan evaluasi pe laksanaan SIGA tahun 2023 di daerah ini.(Foto HB/Idris)

Bengkulu-Dalam rangka penguatan strategi dan pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana), Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, turun ke Kabupaten Kepahiang untuk melakukan evaluasi laporan sistem informasi keluarga (SIGA) terhadap target 2023 lalu.

Hadir dalam acara tersebut, pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu M.Iqbal Apriansyah bersama tim evaluasi SIGA. Mereka diterima Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kepahiang Linda Rospita di kantornya, Kamis, (1/2/2024).

Selain mengevaluasi laporan SIGA, kunjungan tersebut juga dalam rangka penyelarasan target indikator tahun 2024 yang akan ditetapkan pada rakerda prorgam Bangga Kencana 2024 mendatang, ” ujar Plt Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu M.Iqbal Apriansyah.

SIGA sebagai basis informasi pencatatan dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Sistem aplikasi yang kini dikembangkan butuh peran optimal dari para Penyuluh Keluarga Berencana. BKKBN menerapkan sistem informasi yang lebih modern dan akuntabel, yakni aplikasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) yang diharapkan menjadi data operasional bagi petugas KB dan pihak terkait dalam melakukan Intervensi terhadap program BKKBN, khususnya Program Bangga Kencana, ujar Iqbal.

SIGA merupakan satu sistem terintegrasi dengan memperhatikan standar data dan metadata. Dengan adanya evaluasi penyelenggaran data statistik sektoral akan menambah kualitas dalam penyediaan data bagi publik.(irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.