Abrasi Pantai Pino Raya Segera Dipetahkan Pemprov Bengkulu

oleh -94 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Sekdaprov Isnan Fajri (paling kiri) foto bersama tokoh masyarakat saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu kecamatan di Bengkulu Selatan.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Sekdaprov Isnan Fajri (paling kiri) foto bersama tokoh masyarakat saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu kecamatan di Bengkulu Selatan.(Foto/Ist)

Bengkulu- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, pada tahun 2024 ini, akan melakukan pemetaan masalah abrasi pantai di Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Alasanya, sampai saat abrasi pantai di wilayah tersebut belum ditangani sesuai harapan.

“Abrasi pantai di sepanjang Samudera Hindia mulai dari batas Lampung Barat hingga Pesisir Barat sejauh 525 kilometer, berdampak terhadap wilayah desa, karena cukup banyak wilayah desa di kawasan tersebut terkena abrasi,” kata Gubernur Rohidin Mersyah ketika melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pino, Selasa (16/1/2024).

Ia mengatakan, jika dilakukan pemetaan abrasi di wilayah Pino, maka hasilnya akan disampaikan ke Balai Wilayah Sumatera (BWS) VII Kementerian PUPR untuk dilakukan penanganan abrasi tersebut. Soalnya, jika abrasi pantai dibiarkan terus maka dikhawatirkan wilayah desa akan hilang tergerus ombak.

Karena itu, Pemprov Bengkulu melalai dinas teknis terkait akan melakukan pemetaan abrasi di kawasan wilayah Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan dan abrasi pantai lainnya di dalam wilayah tersebut.

Dengan demikian, abrasi yang terjadi di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Pino dapat ditangani secepatnya oleh BWS VII Sumatera Kementerian PUPR wilayah Bengkulu, sehingga abrasi patani tersebut tidak meluas.

Gubernur Rohidin dalam kunjungan kerjanya ke Bengkulu Selatan juga mengunjungi Kecamatan Seginim. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Rohidin menyampaikan rencana pembangunan jembatan Muara Dua Seginim yang akan dilaksanakan pada tahun ini 2024 ini.

“Sudah direncanakan pembangunan jembatan Muara Danau Seginim dan kita upayakan secepatnya pembangunan direalisasikan sehingga arus transporatasi darat di wilayah tersebut makin lancar,” ujar Rohidin.

Dalam kunjungan kerja di Kecamatan Bung Mas, Gubernur Rohidin meninjau pembangunan Sekretariat Tarekat Naqsyabandiyah. “Saya di sini mengecek langsung pembangunan Sekretariat Tarekat Naqsyabandiyah, ini juga kami menyumbang untuk pembangunan,” tambah gubernur.

Selain itu, pada kunjungan di Kecamatan Kedurang, Gubernur Rohidin juga menyampaikan agenda pesta demokrasi pada Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang. Gubernur Rohidin meminta masyarakat Bengkulu Selatan untuk dapat menyukseskan pesta tersebut dengan damai.

Turut mendampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyak dalam kunjungan kerja ke Bengkulu Selatan, antara lain Sekdaprov Isnan Fajri dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkup Pemprov Bengkulu.(mc/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.