944 Sarjana Universitas Bengkulu Diwisuda

oleh -117 Dilihat
Rektor Universitas Bengkulu (Unib),Retno Agustina Ekaputri mewisuda sebanyak 944 orang sarjana dalam rapat senat terbuka Unib bertempat di gedung SGS, kampus universitas setempat.(Foto/Humas Unib)
Rektor Universitas Bengkulu (Unib),Retno Agustina Ekaputri mewisuda sebanyak 944 orang sarjana dalam rapat senat terbuka Unib bertempat di gedung SGS, kampus universitas setempat.(Foto/Humas Unib)

Bengkulu- Universitas Bengkulu (Unib) di awal tahun 2024 kembali menggelar wisuda sebanyak 944 orang sarjana terdiri atas program doktor, magister, profesi, sarjana dan program vokasi.

Wisudawan sebanyak 944 orang itu, berasal dari delapal fakultas selingkung Unib. Acara wisuda dilakukan dalam rapat senat terbuka dipimpin Rektor Unib, Retno Agustina Ekaputri, bertempat di Gedung Serba Guna (SGS) Universitas Bengkulu, Rabu (6/3/2024) lalu.

Ketua panitia, Wakil Rektor I Unib Bidang Akademik, Mochamad Lutfi Firdaus dalam laporanya mengatakan, jumlah wisudawan dan wisudawan yang meraih predikat cumlaude, serta wisudawan menginspirasi.

Adapun jumlah wisudawan berdasarkan fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 275 orang, Fakultas Hukum (FH) 74 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 143 orang,; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 156 orang, dan Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 94 orang.

Selanjutnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 62 orang, Fakultas Teknik (FT) 79 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 61 orang.

Dijelaskan berdasarkan jenjang pendidikan, jumlah wisudawan periode 105 ini terdiri atas Pascasarjana S-3 (Doktor) sebanyak 23 orang, Pascasarjana S-2 (Magister) sebanyak 119 orang, Program Profesi 16 orang, Sarjana Reguler (S1) sebanyak 764 orang, Sarjana Non Reguler (S2) 3 orang, dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 19 orang.

Total wisudawan periode kali ini tercatat 944 orang dan dengan penambahan jumlah lulusan ini, maka total lulusan Unib hingga Maret 2024 atau jelang dies natalis ke-42 Unib sebanyak 73.467 orang.

Rinciannya dari Program Doktor (S3) 188 orang, Magister (S2) 10.348 orang, Sarjana (S1) 51.155 orang, Profesi 378 orang dan dari Program Vokasi/Diploma sebanyak 11.398 orang.

Sedangkan wisuda atau pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor Unib, Retno Agustina Ekaputri, dengan cara memindahkan satu persatu kuncir toga para wisudawan dari kiri ke kanan. Disamping rektor, berdiri dekan dari masing-masing fakultas yang menyerahkan ijazah kepada para wisudawan.

Sebelum melakukan prosesi wisuda, rektor juga membagikan puluhan sertifikat kompetensi kepada para wisudawan. Sertifikat ini merupakan pendamping ijazah sebagai bukti bahwa para wisudawan memiliki soft skill tersertifikasi oleh lembaga yang kompeten.
Dalam kesempatan yang sama Rektor Unib juga menyambut para dosen kembali ke kampus telah melaksanakan studi lanjut, serta menyerahkan piagam penghargaan kepada para wisudawan yang meraih predikat cumlaude, serta wisudawan menginspirasi dan wisudawan termuda.

Rektor Retno Agustina Ekaputri mengharapkan kepada para wisudawan sukses dalam menempuh perjalan selanjutnya usai menamatkan pendidikan di universitas negeri terbesar di Provinsi Bengkulu ini.

Acara wisuda digelar dalam bentuk rapat terbuka ini, dihadiri ketua dan para anggota senat universitas, para guru besar, para wakil rektor, para dekan, serta ribuan orang tua dari para wisudawan.(unib/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.