Tiga Calon Terpilih Anggota DPD-RI Dapil Bengkulu Didominasi Perempuan

oleh -391 Dilihat
Masyarakat menyaksikan penghitungann pemutungan suara ulang (PSU) di TPS 4 Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.(Foto HB/Usmin)
Masyarakat menyaksikan penghitungann pemutungan suara ulang (PSU) di TPS 4 Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.(Foto HB/Usmin)

Bengkulu-Tiga dari empat calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia hasil sementara pemilu legeslatif daerah pemilihan (dapil) Bengkulu merupakan wajah baru dan semuanya perempuan. Sedangkan satu calonlain berasal dari incumbent.

Sebanyak 4 calon terpilih anggota DPD-RI dapil Bengkulu hasil hitungan sementara real count KPU.go.id Pemilu 2024, Sabtu (24/2/2024), yakni Elisa Elmasari mendapat dukungan sebanyak 264.961 suara, disusul Destita Khairilisani sebanyak 159.235, kemudian Sultan B Najamudin sebanyak 99.930 suara dan Leny Jhon Latif sebanyak 97.966 suara.

Sedangkan calon incumbet DPD-RI dapil Bengkulu lainnya, Ahmad Kanedi dipastikan gagal ke Senayan, Jakarta karena hanya mendapat dukungan dari masyarakat Bengkulu sebanyak 72.690 suara.

Dari hasil sementara real count KPU.go.id calon terpilih DPD-RI dapil Bengkulu, Elisa Ermasari menang hampir di seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu. Sedangkan calon terpilih DPD-RI atas nama Destita hanya memang di beberapa kabupaten tertentu di Bengkulu.

Sementara dua calon terpilih DPD-RI lainya, Leny Jhon Latif dan Sultan B Najamudin mendapat dukungan merata di setiap kabupaten dan kota di Bengkulu meski tidak terlalu signifikan seperti Elisa Ermasari.

Sementara itu, untuk 4 caleg DPR-RI dapil Bengkulu yang mendapat suara terbanyak dari hasil sementara real count KPU, antara lain Dewi Coryati (PAN) sebanyak 112.462, disusul Derta Rohidin (Golkar) sebanyak 95.596 suara, Muhammad Soleh (Golkar) sebanyak 80.595 suara dan Eko Kurnia Ningsi (PDIP) sebanyak 72.299 suara.

Namun, perolehan suara caleg DPR-RI dapil Bengkulu ini, masih bersifat sementara. Namun, dipastikan 3 nama caleg DPR-RI atas nama Dewi Coryati, Derta Rohidin dan Eko Kurnia Ningsi, akan melenggang ke Senayan Jakarta.

Sementara itu, caleg DPR-RI incumbet dari Golkar atas nama Muhammad Soleh masih bersaing ketat dengan caleg Nasdem atas nama Erna Sari Dewi.

Untuk caleg DPR-RI hasil Pemilu 2024 dapil Bengkulu yang diperkirakan melanggang ke Senayan Jakarta sebanyak 3 orang itu, semuanya perempuan. Dua di antaranya yakni Derta Rohidin (Golkar) dan Eko Kurnia Ningsi (PDIP) merupakan wajah baru. Bahkan, jika Erna Sari Dewi (PAN) bisa mengalahkan Muhammad Soleh, maka 4 caleg DPR-RI hasil Pemilu 2024 yang lolos ke Senayan, Jakarta, semuanya perempuan.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.