Ratusan Pemuda Anggota PIK-R Ramaikan Pentas GenRe Award 2023

oleh -207 Dilihat
Plh Kepala BKKBN Bengkulu, Edi Sofyan foto bersama anggota PIK Remaja pada acara pentas Genre Award 2023.(Foto HB/Idris)
Plh Kepala BKKBN Bengkulu, Edi Sofyan foto bersama anggota PIK Remaja pada acara pentas Genre Award 2023.(Foto HB/Idris)

Bengkulu- Ratusan pemuda anggota Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK-R/M) menghadiri malam pentas GenRe Award Provinsi Bengkulu, tahun 2023 dan sekaligus merupakan bagian dari edukasi remaja tentang program Triad KRR yang dikembangkan PIK-R.

Triad KRR adalah tiga resiko yang dihadapi oleh remaja, yaitu seks bebas, nikah usia anak dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza), dan merupakan perilaku yang harus dihindari remaja untuk menjadi generasi yang berkualitas penerus pembangunan.

Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini.

Generasi emas nantinya diharapkan menjadi generasi yang cerdas dan komprehensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya serta berperadaban unggul.

Generasi emas disemai melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga yang menggunakan pendekatan siklus kehidupan. Karena itu, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting dan program PIK-R dan GenRe adalah sebuah langkah dan strategi untuk memperkuat ketahanan remaja di Bumi Rafflesia.

Guna merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana.

GenRe Award diadakan untuk memupuk semangat kalangan remaja sehingga diharapkan melalui aksi ini dapat menularkan virus-virus positif melalui PIK-R dengan Triad KRR.

Jadilah, remaja yg mampu menyuarakan peningkatan kualitas remaja yang berencana. Setahun menjabat seumur hidup menginspirasi. Mengispirasi remaja untuk menghidari pernikahan usia anak, dimana pada tahun 2022 angka kelahiran pada kelompok remaja umur 15-19 tahun masih sebesar 38,17/1000 kelahiran hidup (klh).

Malam penganugerahan tersebut berlangsung meriah. Forum GenRe terbaik dan meraih juara pertama adalah GenRe Kabupaten Rejang Lebong, disusul Kota Bengkulu dan pada posisi ketiga diraih GenRe Kabupaten Kepahiang.

Sementara untuk pemenang I dengan kategori Konser Amal Darling terbaik diraih GenRe Bengkulu Utara, GenRe Kabupaten Seluma pada peringkat II dan menempati juara III jatuh pada GenRe Rejang Lebong. Meraih peringkat I untuk kategori Pemilihan Duta GenRe, disabet GenRe Bengkulu Utara, Kabupaten Seluma meraih peringkat II dan GenRe Kabupaten Lebong pada posisi III.

Untuk peringkat IV Rejang Lebong dan GenRe Kota Bengkulu berada pada posisi ke-V. Sementara itu, untuk kategori Pildugen meraih juara I adalah Rahayu Astari, Juara II Sami Arkan dan meraih posisi juara III jatuh pada Zahra Aura Salsabila.(irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.