Pemprov dan Kanwil Kemenag Bengkulu Upayakan CJH Tambahan Berangkat Sesuai Rencana

oleh -195 Dilihat
Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri (Foto/Ist)
Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri (Foto/Ist)

Bengkulu- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, masih mengupayakan calon jemaah haji CJH tambahan berangkat haji sesuai jadwal. Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi antara Pemprov Bengkulu dengan Kanwil Kemenag provinsi, kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu.

Rapat membahas kuota tambahan CHJ Bengkulu itu, dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri dan diikuti jajaran Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kabag Kesra, Karo Hukum dan seluruh Kanwil Kemenag kabupaten dan kota se- Bengkulu.

Sekdaprov Bengkulu, Hamka Sabri, di Bengkulu, Senin (13/6/2023) mengatakan, jamaah haji tambahan baru diterima setelah selesai diproses administrasinya untuk diberangkatkan ke Mekkah guna melaksanakan ibadah haji.

Adanya CJH tambahan tersebut, katanya bukan karena pemerintah tidak ada anggaran, tapi disebabkan waktu yang sangat singkat untuk memproses, karena para CJH ini harus sudah berangkat ke Mekkah pada tanggal 20 Juni nanti.

Untuk itu, Pemprov Bengkulu bersama Kanwil Kemenag Bengkulu, dan Biro Pemkesra Provinsi Bengkulu, harus mengupayakan mencarikan solusinya agar CJH tambahan itu dapat diberangkatkan sesuai jadwal.

“Persoalannya sudah kita atasi bersama-sama dengan Kakanwil Kemenag, Biro Pemkesra dan Biro hukum. Di mana untuk transportasi dari embakarsi antara Bandara Internasional Minangkabau kita bebankan kepada Calon Jemaah Haji (CJH),” sebut Sekda Hamka usai rapat.

Kemudian, jelasnya, untuk transportasi barang dan orang dari asrama haji sampai ke pesawat itu ditanggung oleh Kemenag dan Biro Pemkesra, sedangkan untuk makan dan asrama CJH ditanggung oleh Kanwil Kemenag.
“InsyaAllah, mudah-mudahan semuanya lancar dan dapat kita berangkatkan sesuai jadwalnya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk biaya transportasi tersebut, kata Sekda lagi, sekitar Rp 7,7 juta dan langsung dikirim ke rekening City Link untuk biaya ‘Carter’ pesawat.

Untuk memastikan CJH tambahan yang jadi berangkat, besok Kanwil Kemenag dan Biro Pemkesra akan memanggil semua CJH tambahan untuk diberikan informasi yang valid. “Kita tunggu sampai jam 12 siang besok kepastian dari para CJH untuk kuota tambahan tersebut,” kata Sekda Hamka.

Untuk kuota tambahan CJH Provinsi Bengkulu, ungkapnya, sebanyak 142 sedangkan sudah dilunasi ada 182 CJH yang artinya sudah melebihi kuota sebesar 40 orang CJH. “Mereka yang berangkat terakhir ini merupakan kloter 17 embakarsi Padang,” demikian Sekda Hamka.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.