Pemprov Bengkulu Serahkan Surat Hibahkan Lahan ke Kemenag Kepahiang

oleh -59 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin serahkan surat hibah lahan Pemprov Bengkulu ke Kantor Kemenag Kabupaten Kepahiang.(Foto/MC Pempro Bengkulu)
Gubernur Bengkulu, Rohidin serahkan surat hibah lahan Pemprov Bengkulu ke Kantor Kemenag Kabupaten Kepahiang.(Foto/MC Pempro Bengkulu)

Bengkulu-Pemprov Bengkulu menghibahkan tanah ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang untuk lokasi kantor Kemenag daerah tersebut.

Hibah tanah tersebut, diberikan Pemprov Bengkulu ke Kemenag Kepahiang dalam rangka perluasan pusat layanan terpadu haji dan umroh bagi masyarakat kabupaten pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong ini.

Hibah tanah Pemprov Bengkulu ke Kemenag Kabupaten Kepahiang ditandai dengan penyerahan suara pertujuan hibah tanah lahan pemprov oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ke Kepala Kemenag Kepahiang, bertempat di Masjid Nurul Jannah Desa Babakan Bogor Kabupaten Kepahiang, Jumat (22/3/2024).

Gubernur Rohidin menjelaskan, persetujuan hibah lahan milik Pemprov Bengkulu kepada Kantor Kemenag Kepahiang guna meningkatkan pusat pelayanan terpadu haji dan umroh yang direncanakan kantor Kemenag Kepahiang dalam waktu dekat.

“Permintaan penyerahkan hibah lahan Pemprov Bengkulu ke Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kepahiang, sebenarnya sejak lama karena Kantor Kemenag setempat berencana akan membuat kantor pusat pelayanan terpadu haji dan umroh, tapi baru sekarang surat persetujuan hibah kita serahkan,” ujarnya.

Dengan dibangun pusat layanan haji dan umroh di sekitar kantor Kemenag Kepahiang, maka miniatur ka’bah dan manasik haji lokasinya dekat kantor Pemkab Kepahiang. “Alasan inilah kita menyetujui hibah lahan Pemprov Bengkulu ke Kemenag Kepahiang,” ujarnya.

Dalam lawatan Safari Ramadan Pemprov Bengkulu ke Kepahiang selain menyerahkan surat hibah lahan pemprov ke Kemenag setempat juga  menyerahkan dana hibah pembangunan masjid Nurul Jannah Desa Babakan Bobor, Kecamantan Kabawetan sebesar Rp 70 juta.

“Kita berharap dengan bantuan hibah Pemprov Bengkulu, kegiatan renovasi masjid ini dapat diselesaikan sesuai jadwal. Pemprov Bengkulu sangat mendukung renovasi rumah ibadah ini, sehingga kita membantu dana Rp 70 juta,” tambah Rohidin.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu diwakili Asisten II Pemprov Bengkulu Raden Ahmad Deny menyerahkan bantuan dana hibah untuk masjid Al Hikmah Desa Talang Ulu, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 50 juta.

Selain itu, Pemprov Bengkulu juga menyerahkan bantuan kelambu untuk masyarakat Talang Ulu sebanyak 50 buah. Bantuan ini diberikan ketika Pemprov Bengkulu menggelar Safari Ramadan di Desa Talang Ulu, Kamis (21/3/2024).

Dalam kesempatan ini, Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu juga menyerahkan bantuan kepada BKMM-DMI Rejang Lebong sebesar Rp 10 juta, dan majelis taklim muslimat sebesar Rp 10 juta.

Selain itu, Kanwik Kemenag Provinsi Bengkulu juga membantu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Rejang Lebong sebesar Rp 40 juta, dan bantuan dari Kemenag Rejang Lebong untuk ormas Islam GP Ansor setempat sebesar Rp 10 juta.

Bank Bengkulu juga menyumbang sebanyak 3 gulung sajadah untuk masjid Al Hikmah serta bantuan dari Baznas Provinsi Bengkulu untuk kaum dhuapa sebanyak 25 orang senilai Rp 6.259.000.

Sebelunya Gubernur Rohidin menyerahkan bantuan sebanyak Rp 150 juta untuk pembagunan musalah Ibnu Sabil di Kecamatan Talang Rimbo dan sekaligus meletakan batu pertama pembangunan musalah tersebut.

Bantuan ini diberikan sebagai bukti nyata perhatian Pemprov Bengkulu terhadap fasilitas rumah ibadah yang ada di daerah ini, salah satunya perluasan musakah Ibnu Sabil ini. Pemprov Bengkulu juga memberikan bantuan yang sama kepada rumah ibadah bagi agama lain.

Sementara itu, pengurus musalah Ibu Sabil, A Rasyid mengatakan, pihaknya dan masyarakat Desa Talang Rimbo mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Bengkulu yang bersedia memberikan bantuan untu pengembangan musalah tersebut.

“Rohidin orang pertama pimpinan daerah yang datang ke musolah Ibu SAbil setelah dibangun tahun 1965 lalu. Kita berharap Pak Rohidin sehat selalu sehingga dapat menjalankan tugas sebagai kepala daerah dengan baik dan sukses,” ujar Rasyid.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.