Pemprov Bengkulu Kembali Gelar Festival Tabut Secara Terbuka

oleh -161 Dilihat

Bengkulu- Selama tiga tahun berturut-turut Festival Tabut tidak digelar secara terbuka, menyusul pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, termasuk Provinsi Bengkulu.

Namun, setelah wabah Covid-19 hampir berakhir, maka Pemprov Bengkulu, bersama seluruh pihak terkait memutuskan kembali melaksanakan pada tahun 2022 ini, Festival Tabut Bengkulu secara terbuka. Festival Tabut ini akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, dan sekitarnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, dari pembahasan bersama Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bencoolen, Polres Bengkulu, Pemkot Bengkulu, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Dispar Kota Bengkulu, serta para pihak terkait lainnya, disimpulkan pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2022 akan diorganisir dengan baik.

Dengan diorganisir lebih baik dari tahun sebelumnya, diharapkan tampilannya akan lebih baik dan rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat pengunjung akan lebih terjamin.

“Jadi, Festival Tabut tahun ini, akan dihadiri langsung oleh Menparekraf, Sandiaga Uno pada 3 atau 4 Agustus yang akan datang. Pelaksanaan akan langsung di-organize oleh sebuah lembaga event, termasuk dalam pengelolaan bazar, sehingga tidak diserahkan ke KKT maupun ke kelompok lainnya, tapi langsung dikelola melalui pemerintah dan akan kita tunjuk lembaga yang bertanggungjawab,” kata Gubernur Rohidin.

Kemudian terhadap stand yang akan disediakan pada Festival Tabut Bengkulu 2022, Gubernur Rohidin juga meminta pihak pengelola untuk menyediakan dengan harga yang terjangkau.

“Harga stand juga jangan terlalu mahal, agar masyarakat bisa melakukan usaha kecil menengah dengan menjual produk mereka dengan laris,” pungkas Gubernur Rohidin.

Siap Melaksanakan

Ketua KKT Bencoolen Syafril mengatakan, sebagai lembaga atau perkumpulan tradisi ritual Tabut berdasarkan Keputusan Kementerian Hukum dan HAM bernomor 0000459.AHA.01.08.TAHUN 2022 tertanggal 11 Maret 2022, pihaknya siap melaksanakan ritual Tabut selama 10 hari, mulai dari 1 hingga 10 Muharram 1444 Hijriyah.

“Kami dari KKT Bencoolen siap mendukung lancarnya pelaksanaan Festival Tabut Bengkulu 2022. Pada 7 Muharram nanti kami siap melaksanakan Tabut Naik Puncak hingga prosesi Tabut Tebuang pada 10 Muharram,” jelasnya.

Syafril menambahkan, nantinya akan ada 8 bangunan Tabut Sakral yang akan ditampilkan serta 16 Tabut Budaya dan juga diramaikan dengan pertunjukan Telong- Telong atau Ikan-Ikan mulai malam ke 7 Muharram.

“Jadi pelaksanaan Tabut Naik Puncak hingga Tabut Tebuang yang dilakukan di satu lokasi, yaitu di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu,” ujarnya.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.