Pemprov Bengkulu Dukung Bakamla Dirikan Pangkalan di Bengkulu

oleh -46 Dilihat
Sekdaprov Bengkulu Isnan Fajri (Foto/Dokumentasi)
Sekdaprov Bengkulu Isnan Fajri (Foto/Dokumentasi)

Bengkulu-Sekretaris Daerah (Sekda) Isnan Fajir mengatakan Pemprov Bengkulu siap memfasilitasi Bakamla untuk merealisasikan rencana pendirian Pangkalan Bakamla di provinsi ini dalam waktu dekat.

“Pada dasarnya Pemprov Bengkulu siap memfasilitasi Bakamla untuk mendirikan pangkalan di Bengkulu. Kita siap menyediakan lahan yang diperlukan secepatnya sesuai permintaan Kepala Bakamla Laksana Madya TNI Irvansyah,” kats Isnan di Bengkulu, Jumat (27/4/2024).

Ia mengatakan, Pemprov Bengkulu siap menyediakan lahan untuk pangkalan Bakamla di sekitar kawasan Pulau Baai, Kota Bengkulu. Pasalnya, lahan kosong di sekitar Pelabuhan Pulau Baai cukup banyak, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan lahan.

“Pada dasarnya kita Pemprov Bengkulu akan dukung apapun itu, siapapun itu apa lagi institusi dari pusat dan kita tunggu kelanjutannya yang akan membangun perkantoran di Bengkulu, Bakamla RI,” ujar Isnan.

Dilanjutkan Isnan, usulan tersebut baru disampaikan secara lisan saja dan belum ada MoU secara tertulis antara Bakamla RI dan Pemprov Bengkulu. Salain itu, Pemprov Bengkulu akan mensiapkan lahan jika Bakamla RI akan membangun pangkalan maupun perkantoran di Bengkulu.

“Sejauh ini belum ada surat resmi dan baru disampaikan secara lisan saja, akan tetapi ini bukan berarti kabar burung saja. Nanti dalam waktu dekat kita akan mencoba menindak lanjuti atas usulan tersebut,” tambahnya.

Untuk lahan kita akan siapkan di sekitaran Pulau Baai dan kita akan koordinasi dengan pihak Pelindo agar lahan tidur tersebut dapat dimanfaatkan,” demikan Isnan.

Sementara itu, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI DR. Irvansyah mengatakan, dengan adanya pangkalan Bakamla RI di Bengkulu dapat menjaga keamanan laut Bengkulu dan membuka peluang bagi anak-anak Bengkulu bila ingin bergabung dengan Bakamla.

“Tentunya kami (Bakamla) RI sangat mengharapkan agar dapat membangun pangkalan Bakamla RI di Bengkulu, terlebih posisi laut Bengkulu sangat strategis,” harap Irvansyah.

“Tadi kita juga sudah sampaikan kepada pihak Pemprov Bengkulu dan alhamdulillah mendapatkan respon positif. Dalam waktu dekat kita akan bersurat secara resmi dan juga akan ada MoU nantinya,” tutup putra kelahiran Bengkulu tersebut.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.