Pembangunan Pelabuhan Perikanan Skala Nasional di Bengkulu Segera Direalisasikan

oleh -211 Dilihat
Asisten I Pemprov Bengkulu, Khairil Anwar (kiri) memimpin rapat koordinasi tentang rencana pembangunan pelabuhan perikanan skala nasional di Seluma dalam waktu dekat ini.(Foto/Ist)
Asisten I Pemprov Bengkulu, Khairil Anwar (kiri) memimpin rapat koordinasi tentang rencana pembangunan pelabuhan perikanan skala nasional di Seluma dalam waktu dekat ini.(Foto/Ist)

Bengkulu- Rencana pembangunan pelabuhan perikanan nasional (PPN) di Provinsi Bengkulu, berlokasi di Kabupaten Seluma, segera direalisasikan dalam waktu dekat. Untuk itu, Pemprov Bengkulu, terus melakukan proses persiapan guna mewujudkan rencana tersebut.

Selain persiapan lahan untuk lokasi pembangunan juga dilakukan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Kesepakatan bersama itu, menurut Asisten I Setda Bengkulu Khairil Anwar, untuk menguatkan komitmen dari pemerintah daerah, sehingga dapat meyakinkan pihak kementerian untuk mewujudkan Pelabuhan Perikanan Nasional di Kabupaten Seluma.

“Saat ini, telah disiapkan lahan dan komitmen berupa MoU antara Pemrov Bengkulu dengan Kabupaten Seluma, sehingga diharapkan dalam tahun depan Pelabuhan Perikanan Nasional yang dibiayai APBN ini dapat segera terwujud di Provinsi Bengkulu,” kata Khairil Anwar.

Hal tersebut diungkapkan mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu ini, seusai pimpin rapat pembahasan penyusunan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Seluma tentang Sinergitas Pembangunan, Pengembangan dan Pemanfaatan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pasar Seluma Kabupaten Seluma, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (15/9/2022).

Selain itu, pengembangan Pelabuhan Perikanan Nasional ini diharapkan juga dapat mewujudkan wilayah pantai Bengkulu yang merupakan wilayah pesisir menjadi wilayah maritim.

“Penganggaran PPN di Kabupaten Seluma ini dari APBN melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kemko Maritim dan Investasi,” ungkapnya.

Dengan adanya pelabuhan perikanan nasional ini, ujarnya, tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para nelayan khususnya dan masyarakat Provinsi Bengkulu pada umumnya.Rapat ini diikuti Biro Pemkesra, Biro Hukum Setda Provinsi Bengkulu, BPKP serta Kadis DKP provinsi dan Kabupaten Seluma.(mc/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.