Hadapi Angkutan Lebaran, Dinas PUPR Bengkulu Kebut Perbaikan Jalan

oleh -60 Dilihat
Perbaikan jalan longsor diliku 9 Tabah Penanjung, Bengkulu Tengah dikebut agar pelaksanaan angkutan lebaran berjalan baik dan lancar.(Foto/Ist)
Perbaikan jalan longsor diliku 9 Tabah Penanjung, Bengkulu Tengah dikebut agar pelaksanaan angkutan lebaran berjalan baik dan lancar.(Foto/Ist)

Bengkulu-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat mengebut pekerjaan perbaikan jalan provinsi guna memperlancar angkutan mudik lebaran di daerah ini.

“Untuk memperlancar arus angkutan mudik lebaran tujuan kota-kota di Bengkulu, Dinas PUPR Bengkulu kebut pekerjaan perbaikan jalan di daerah ini. Kita pastikan jalan dilalui angkutan lebaran dalam kondisi baik,” kata Gubernur Bengkulu,Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Senin (25/3/2024).

Ia mengatakan, Pemprov Bengkulu memiliki anggaran perbaikan jalan kabupaten dan provinsi di daerah ini. Menyambut Idulfitri 1445 Hijriyah dana tersebut kita gunakan untuk perbaikan jalan rusak dan harus selesai sebelum angkutan lebaran di mulai.

Karena itu, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, diminta mengebut pekerjaan perbaikan jalan di beberapa titik di daerah ini, sehingga pada saat berlangsung angkutan lebaran pada H-7 Idulfitri kondisi jalan dalam keadaan baik, sehingga warga yang pulang ke kampung halaman tidak ada kendala dalam perjalanan.

Selain itu, Pemprov Bengkulu melalui Dishub setempat akan mengimbau truk angkutan barang kecuali sembako dilarang beroperasi mulai H-7 Idulfitri 1445 Hijriyah. Hal ini dilakukan demi kelancaran arus mudik di Bengkulu.

“Mulai H-7 Idul Fitri truk-truk besar kecuali angkutan sembako dilarang melintas di jalur mudik karena akan mengganggu kenyamanan para pemudik di perjalanan,” ujar Gubernur Rohidin.

Sebelumnya Kepala Dinas PUPR Bengkulu, Tejo Suroso mengatakan, pihaknya optimistis seluruh jalur untuk angkutan mudik lebaran di Bengkulu, sebelum pada H-7 dalam kondisi baik dan laik untuk digunakan jalur angkutan lebaran.

Karena itu, pihaknya minta kontraktor pelaksana untuk mengebut pekerjaan fisik dilapangan agar dapat selesai sebelum angkutan lebaran dimulai pada H-7 Idulfitri 1445 Hijriyah mendatang.

Dinas PUPR Bengkulu, kata Tejo juga membersihkan rumput dan ilalang di kiri kanan jalan provinsi dan kabupaten di daerah ini, agar arus lalu lintas kendaraan angkutan lebaran dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

“Kita pastikan seluruh jalur angkutan lebaran di Bengkulu, dalam kondisi baik. Demikian pula rumput dan ilalang di kiri-kanan jalan akan kita bersih, sehingga kendaraan saat berpapasan lancar dan aman,” tambah Tejo.

Dari pantuan dilapangan, beberapa jalur mudik di Bengkulu, khususnya jalan nasional baik Bengkulu batas Lampung maupun Bengkulu batas Sumbar, tidak ada masalah karena kondisi jalannya dalam keadaan baik.

Meski ada beberapa titik jalan lintas Barat Bengkulu ruas Bengkulu-Sumbar dan Bengkulu-Lampung yang rusak dan berlobang, tapi relatif sedikit dan tidak akan menghambat kelancaran arus mudik di jalur tersebut.

Bahkan, pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu juga melakukan pekerjaan tampal sulam lobang sebelum angkutan lebaran dilaksanakan. Dengan demikian, dipastikan angkutan lebaran dijalur ini akan berjalan lancar sesuai harapan.

Demikian pula jalan provinsi yang menjadi jalur angkutan lebaran di Bengkulu, sampai saat ini dalam kondisi baik meskipun ada rusak tidak begitu mengganggu kelancaran arus mudik, karena sebelumnya sudah dilakukan perbaikan.

Karena itu, masyarakat Bengkulu, yang akan mudik untuk berlebaran di kampung halamanya tidak perlu khawatir, karena kondisi jalan jalur mudik di wilayah ini dalam kondisi baik. Namum, masyarakat tetap diminta mewaspadai longsor saat terjadi hujan lebat.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.