Gubernur Rohidin : Minim Literasi Hambat Perkembangan Daerah

oleh -57 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah foto bersama Kepala OJK Bengkulu dan CEO Warta Ekonomi usai menjadi kaynote speaker seminar nasional Desaku Cakap Keuangan Bapelkes) Bengkulu.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah foto bersama Kepala OJK Bengkulu dan CEO Warta Ekonomi usai menjadi kaynote speaker seminar nasional Desaku Cakap Keuangan Bapelkes) Bengkulu.(Foto/Ist)

Bengkulu-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, literasi keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan meningkatkan daya saing bisnis.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat sebagai Keynote Speaker pada seminar nasional Desaku Cakap Keuangan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Bengkulu, Minggu (25/2/2024).

Ia mengatakan, salah satu yang menghambat perkembangan daerah adalah minimnya literasi. Oleh karena itu, harus ada upaya mengenal, memahami dan kemudian barulah mengambil keputusan terkait keuangan ini, dan jika masyarakat ragu silakan berkonsultasi dengan OJK setempat.

Untuk itu, diharapkan masyarakat dan pelaku UMKM bijak dalam mengakses pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya. “Saat kita sudah paham dengan literasi keuangan, maka kita akan bertindak bijaksana dan berhati-hati untuk menggunakan jasa pinjaman online maupun janji-janji investasi,” ujarnya

Untuk mencapai kesuksesan, katanya pasti akan mendapat banyak rintangan, khususnya dalam hal keuangan. Meski demikian, para pelaku usaha harus berani memulai, berani menggunakan kesempatan dan berani mengambil risiko.

Dengan meningkatnya literasi keuangan di kalangan UMKM, khususnya di desa, maka diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan ekonomi lokal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Nurwana, salah seorang peserta seminar dan merupakan perajin lidi sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah menyambut baik dukungan yang disampaikan Gubernur Bengkulu maupun pihak penyelenggara.

“Terima kasih atas dukungan Pak Gubernur Rohidin, dan penyelenggara. Kami diundang ke sini mendapat pengarahan dan ilmu baru tentang keuangan. Ini sangat kami butuhkan dalam pengelolaan usaha kami,” ujarnya.

Seminar yang diselenggarakan Warta Ekonomi bersama Kementerian Kominfo ini diikuti para pelaku usaha, pelaku pariwisata, dan masyarakat umum dari berbagai wilayah di Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula CEO Warta Ekonomi, Muhamad Ihsan, Kepala OJK Bengkulu, Tito Adji Siswantoro dan para pemateri terkait. Usai menjadi Kaynote Speaker Gubernur Rohidin meninjau dan berbelanja di bazar UMKM.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.