Gubernur Rohidin Datang, Hutang Panitia Pembangunan Masjid Terbayar

oleh -206 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Penjabat Bupati Bengkulu Tengah, Heriyadi, Asisten dan sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemprov Bengkulu foto bersama pengurus masjid dan masyarakat usai melaksanakan salat Isya dan Taraweh di Masjid Muhajirin, Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa. Dalam kesempatan itu, Gubernur Rohidin menyerahkan bantuan pembagunan 11 masjid di kabupaten ini.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Penjabat Bupati Bengkulu Tengah, Heriyadi, Asisten dan sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemprov Bengkulu foto bersama pengurus masjid dan masyarakat usai melaksanakan salat Isya dan Taraweh di Masjid Muhajirin, Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa. Dalam kesempatan itu, Gubernur Rohidin menyerahkan bantuan pembagunan 11 masjid di kabupaten ini.(Foto/Ist)

Bengkulu-Kepala Desa Talang Pauh, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Idil Fitri yang juga panitia pembangunan Masjid Muhajirin mengungkapkan, dalam membangun masjid yang diidamkan masyarakat desanya sejak dulu, dapat terwujud dengan segala daya dan upaya.

Bahkan guna mewujudkan berdirinya masjid yang megah di desanya, dirinya bersama pengurus masjid menanggung hutang untuk biaya pembangunan masjid tersebut. “Masjid ini kami bangun dengan segala daya upaya, dengan cucuran keringat dan air mata. Melalui sumbangan donatur dan iuran masyarakat kami bangun masjid ini. Namun, kini masih ada hutang material di toko sebesar Rp 100 juta lebih dan ini menjadi tanggung jawab saya sebagai kepala desa bersama pak kepala dusun,” kata Idil Fitri.

Hal tersebut diungkapkan Kades Talang Pauh seusai melaksanakan Salat Isya dan Tarawih di Masjid Muhajirin Desa Talang Pauh, bersama Gubenur Bengkulu beserta rombongan dalam rangka Safari Ramadhan 1444 Hijiryah, di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kamis (6/4/2023).

Untuk itu, dirinya beserta seluruh masyarakat Desa Talang Pauh sangat berharap dengan kedatangan rombongan Gubenur dan juga Penjabat Bupati Bengkulu Tengah dapat mengatasi masalah tersebut. “Jadi, harapan kami dengan hadirnya Pak Gubernur Rohidin, Pak Bupati Heriyandi, Pak Kanwil Kemenag Bengkulu, dan seluruh jajaran SKPD yang hadir malam ini, kami berharap masjid kami kedepannya semakin bagus dan juga hutang kami tersebut dapat diselesaikan,” ujar Idil.

Menanggapi hal itu, Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, namanya membangun masjid itu tidak usah ragu, takut dan tidak usah khawatir. Karena menurutnya, jika sudah ada niat, tekad dan kompak, Insya Allah masjid dapat dibangun. Tidak ada ceritanya membangun masjid itu gagal, pasti berhasil, karena itulah rumusnya.

Ia menambahkan, jika ada niat, kemauan dan kompak, yakin pasti berhasil. Tidak ada yang gagal membangun sebuah masjid.Namanya membangun masjid itu tidak ada kata berhentinya, tidak ada selesainya, akan terus berlanjut selagi hayat di kandung badan.

“Saya dengar tadi hutangnya Rp 100 juta dapat bantuan Rp 100 juta, artinya hutang pembangunan masjid ini sudah hampir lunas. Untuk proposal usulan akan dibantu oleh Gubernur Bengkulu dan Bupati Bengkulu Tengah. Hal ini paling tidak keluhan masyarakat sudah sampai dan didengar oleh pimpinan daerah gubenur dan bupati,” ungkapnya.

Tidak Menolak

Diakuinya, sebagai gubernur, dirinya tidak akan menolak jika ada proposal usulan untuk pembangunan sebuah rumah ibadah, dan tidak merasa pusing akan hal itu. Karena baginya merasa senang dan bangga jika masyarakatnya memiliki niat dan kemauan besar untuk membangun rumah ibadahnya.

“Namun sebagai Gubenur saya juga harus tahu diri, realisasi bantuan yang diberikan harus tetap sesuai dengan kemampuan keuangan yang ada. Sesuai dengan firman Allah yang artinya, Allah tidak akan memberikan beban dan tanggungjawab di luar batas kemampuan seseorang,” jelasnya.
Dalam kesempata tersebut, Gubenur Rohidin berpesan kepada masyarakat dan jamaah masjid untuk ikut berpartisipasi bersama-sama membangun masjid, memelihara dan menjaganya dengan sebaik mungkin.

“Mari kita rawat, kita jaga, kita pelihara dengan baik dan tentu kita fungsikan sebagai pusat peribadatan dan kegiatan keagamaan bagi masyarakat setempat,” tambah Gubernur Rohidin Mersyah, saat menandatangani peresmian Masjid Muhajirin Desa Talang Pauh.

Disamping itu, Gubernur Rohidin juga menjawab keluhan masyarakat terkait pembangunan jalan, dimana dirinya menegaskan, tahun ini akan dilaksanakan kembali pembangunan jalan pada poros-poros utama yang sempat terhenti, sehingga mempermudah akses masyarakat sekitar.

“Pembangunan infrastruktur sempat terhenti beberapa tahun imbas dari pandemi Covid-19, nah ditahun ini 2023 pembangunan jalan akan dimulai, dimana jalan poros utama akan kita kerjakan dan dilanjutkan kembali, sedangkan jalan- jalan desa yang pendek-pendek itu akan dikerjakan oleh bupati setempat,” ujarnya yang disambut tepuk tangan u para jemaah.

Dalam lawatan Safari Ramadan Gubernur Bengkulu ke Kabupaten Bengkulu, telah memberikan bantuan pembangunan sedikitnya 11 masjid di kabupaten pemekaran dari Bengkulu Utara ini.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.