Antisipasi Kebakaran, Gubernur Rohidin Imbau Masyarakat Rutin Cek Jaringan Listrik di Rumah

oleh -81 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memakaikan baju seragam baru kepada salah seorang anggota Satpol PP Pemprov Bengkulu pada acara Bintek dan pengkukuhan rekawan kebakaran Kota Bengkulu.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memakaikan baju seragam baru kepada salah seorang anggota Satpol PP Pemprov Bengkulu pada acara Bintek dan pengkukuhan rekawan kebakaran Kota Bengkulu.(Foto/Ist)

Bengkulu- Untuk memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM) melakukan antisipasi dan penanganan kejadian kebakaran dimana sampai saat ini kasus kebakaran di Provinsi Bengkulu masih tinggi, pemprov setempat sejak beberapa bulan terakhir terus meningkatkan kesigapan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kota Bengkulu.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Bengkulu kesiapan relawan mengatasi kebakaran adalah dengan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait langkah jitu dalam melakukan tindakan penyelamatan awal musibah kebakaran di lingkungan kelurahan masing-masing.

Tindakan dimaksud mulai dari menyampaikan informasi kebakaran kepada petugas pemadam kebakaran, mengkoordinasikan penyelamatan awal bersama warga sekitar hingga memastikan tidak ada korban jiwa atas musibah yang terjadi.

“Sama-sama kita ketahui kejadian kebakaran ini masih sangat tinggi dan mayoritas penyebab kebakaran karena korsleting jaringan listrik,” jelas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai mengukuhkan Redkar Kota Bengkulu, membuka kegiatan Bimtek Redkar sekaligus penyerahan pakaian seragam tenaga harian lepas (THL) Satpol PP Provinsi Bengkulu, Rabu (20/12/2023) lalu.

Untuk itu, lanjut Gubernur Rohidin, meminimalisir korsleting jaringan listrik sebagai penyebab utama kebakaran tersebut, dirinya meminta Satpol PP Provinsi Bengkulu berkolaborasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, PLN Area Bengkulu serta pihak Instalatir untuk melakukan pengecekan jaringan listrik secara massal.

“Jadi dengan kolaborasi bisa dilakukan pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah penduduk, di toko-toko di pasar. Karena selagi lagi pengecekan jaringan listrik setelah 10-20 tahun, apalagi di rumah-rumah warga jarang sekali dilakukan,” tutupnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan, saat ini sudah terbentuk Redkar di 5 kabupaten dan kota di Bengkulu, yakni Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Lebong dan Kota Bengkulu.

Sedangkan jumlah relawan Redkar di lima kabupaten dan kota tercatat sebanyak 1.400 orang. “Saat ini kita kukuhkan 134 anggota Redkar Kota Bengkulu. Sesuai perintah Pak Gubernur Rohidin, untuk 5 kabupaten lagi akan kita bentuk di tahun 2024 mendatang,” ujar Atisar.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.