Warga Korban Banjir di Kota Bengkulu Butuh Bantuan Tenda

oleh -254 Dilihat
Salah satu daerah di Kelurahan Sukamerindu, Kota Bengkulu, tergenang banjir, pekan lalu menyusul hujan lebat melanda daerah ini. Sedikitnya ribuan rumah masyatakat di sejumlah kecamatan terendam banjir di atas satu meter.(Foto HB/Usmin)
Salah satu daerah di Kelurahan Sukamerindu, Kota Bengkulu, tergenang banjir, pekan lalu menyusul hujan lebat melanda daerah ini. Sedikitnya ribuan rumah masyatakat di sejumlah kecamatan terendam banjir di atas satu meter.(Foto HB/Usmin)

Bengkulu- Warga korban banjir di RT 8/RW 2, Kelurahan Suka Merindu, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu, saat ini  membutuhkan tenda untuk tempat mengungsi sementara sambil menunggu genang air di rumah mereka surut.

“Kami sekarang ini membutuhkan bantuan tenda untuk tempat mengungsi sementara, karena rumah masih tergenang air setinggi satu meter. Kasihan anak-anak dan warga lanjut usia tidak ada tempat berteduh,” kata salah seorang warga RT 8 kepada wartawan, Kamis (1/9/2022).

Warga mengatakan, soal bantuan sembako kepada para korban banjir sudah lumayan banyak datang dari berbagai pihak yang simpatik kepada warga. Namun, bantuan tenda sama sekali belum ada sampai ke masyarakat. Padahal, warga sangat membutuhkan alat untuk berteduh tersebut.

Karena itu, warga RT 8/RW 02 Kelurahan Suka Merindu mengharapkan bantuan tenda secepatnya, sehingga anak-anak dan orang lanjut usia bisa mengungsi ke tenda tersebut. “Saat ini, para korban banjir mengungsi di pinggir jalan menggunakan atap terpal plastik seadanya, sehingga jika hujan turun basah,” ujarnya.

Hal senada dibenarkan warga lainnnya, Aminuddin. Ia mengatakan, pihaknya sudah menghubungi pihak BPBD Kota Bengkulu dan Provinsi Bengkulu, meminta bantuan tenda untuk warga RT 8 dan sekitarnya.

Namun, sampai sekarang belum ada bantuan tenda baik dari BPBD Kota Bengkulu maupun BPBD Provinsi Bengkulu. Alasan pihak BPBD, mereka tidak memiliki stok tenda. Padahal, warga RT 8 menjadi korban banjir lebih kurang ratusan kepala keluarga (KK).

Karena itu, warga berharap pihak BPBD Kota Bengkulu, segera menyalurkan bantuan tenda dalam waktu dekat, sehingga mereka bisa berteduh jika hujan turun selama genangan air di rumah belum surut.

“Kami sangat mengharapkan bantuan tenda dari BPBD Kota Bengkulu maupun BPBD Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat. Apalagi kini hujan masih menguyur Kota Bengkulu, sehingga kebutuhan tenda mendesak,” ujar Aminuddin.

Terkait bantuan kesehatan, Aminuddin mengaku, sudah ada pelayanan kesehatan dari petugas Puskemas setempat. “Kalau soal bantuan kesehatan kepada korban banjir, khususnya di RT 8 RW 2, sudah ada petugas puskesmas yang melakukan pengecekan kesehatan warga,” ujarnya.

Demikian pula bantuan sembako sudah sampai ke masyarakat, sehingga soal pangan tidak ada masalah bagi korban banjir. “Yang kami butuhkan sekarang bantuan tenda. Saya mengharapkan Pemkot dan Pemprov Bengkulu segera memberikan bantuan tenda kepada kami,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, belum berhasil dikonfirmasi terkait permintaan bantuan tenda dari warga korban banjir di RT 8 Kelurahan Suka Merindu, Kota Bengkulu.

Namun, sumber menyebutkan pihak BPBD Bengkulu, saat ini tidak memiliki stok tenda dan masih mengusulkan bantuan ke BNPB Pusat. “Kalau kita ada stok tenda pasti sudah kita salurkan ke warga korban banjir di Kota Bengkulu dan kabupaten lainnya di Bengkulu,” ujarnya.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.