Tingkatkan Peran Legislatif, Puluhan Anggota DPRD Kabupaten dan Kota di Bengkulu Ikuti Orientasi

oleh -48 Dilihat
Puluhan anggota DPRD kabupaten dan kota di Bengkulu, ikuti orientasi peningkatan peran anggota legislatif di Diklat BPSDM Bengkulu, Senin 23 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)
Puluhan anggota DPRD kabupaten dan kota di Bengkulu, ikuti orientasi peningkatan peran anggota legislatif di Diklat BPSDM Bengkulu, Senin 23 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)

Bengkulu- Dalam upaya memperkuat peran dan fungsi legislasi di tingkat daerah, Orientasi Anggota DPRD kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu menjadi momentum penting bagi para wakil rakyat untuk memperdalam pemahaman mereka.

Acara ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD mengenai tugas dan tanggung jawab mereka, serta menekankan pentingnya komitmen dan kolaborasi dalam menjalankan amanah dari masyarakat.

Asisten I Pemprov Bengkulu, Khairil Anwar mengatakan, apresiasi kepada para anggota DPRD yang terpilih, hanya sekitar 30 persen dari calon yang mengikuti pemilihan. Hal ini menurutnya, mencerminkan kepercayaan masyarakat yang harus dijaga oleh setiap anggota dewan.

“Penting bagi setiap anggota untuk memahami posisi dan wewenangnya agar dapat memenuhi harapan masyarakat,” kata Khairil saat membuka acara tersebut, di Bengkulu, (23/9/2024).

Salah satu poin utama yang disampaikan dalam orientasi ini, lanjut Khairil, adalah pentingnya kesatuan pemahaman di antara anggota DPRD, meskipun mereka berasal dari partai, latar belakang pendidikan, dan profesi yang berbeda. Kolaborasi di antara anggota dewan menjadi kunci sukses dalam menjalankan fungsi legislasi.

Khairil juga menekankan peran penting DPRD dalam mengawasi perangkat daerah, agar terjalin sinergi dan kerja sama yang efektif.

“Selama empat hari ke depan, diharapkan para anggota dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, menyadari bahwa DPRD dan kepala daerah adalah mitra sejajar,” tegasnya. Khairil juga mengingatkan agar fungsi dan tugas DPRD serta kepala daerah dijalankan dengan penuh tanggung jawab demi kemajuan daerah.

Gelombang pertama orientasi ini diikuti hadiri para bupati dari berbagai kabupaten di Bengkulu, dengan jumlah peserta mencapai 80 orang. Terdiri atas 25 anggota DPRD Kabupaten Mukomuko, 30 anggota dari Kabupaten Seluma, dan 25 anggota dari Kabupaten Kaur. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari 23-27 September 2024.

Reporter    : Usmin

Editor         : M Rareza Rebi Aldo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.