Pemprov Sediakan BPJS Gratis dan Beasiswa Perangkat Desa di Bengkulu

oleh -38 Dilihat
Pelantikan Pengurus Desa Bersatu Provinsi Bengkulu, di Balai Raya Semarak Bengkulu, pekan lalu.(Foto- Humas Pemprov Bengkulu)
Pelantikan Pengurus Desa Bersatu Provinsi Bengkulu, di Balai Raya Semarak Bengkulu, pekan lalu.(Foto- Humas Pemprov Bengkulu)

Bengkulu- Dalam rangka mewujudkan desa yang kondusif dan produktif, perangkat desa dan masyarakat perlu memiliki pola pikir yang progresif, mandiri secara ekonomi, dan menikmati kesejahteraan yang merata.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) berkomitmen memberikan dukungan yang berkelanjutan, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan, demi mencapai tujuan tersebut.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan hal ini saat acara silaturahmi dan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Desa Bersatu Provinsi Bengkulu masa bakti 2024-2029, beetempat di Balai Raya Semarak, Bengkulu, awal pekan ini.

“Dalam mendukung kepala desa, khususnya di bidang pendidikan, sejak tahun lalu, Pemprov Bengkulu telah memberikan beasiswa kepada 100 perangkat desa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Program ini bekerja sama dengan Universitas Terbuka dan didanai sepenuhnya oleh pemerintah daerah,” kata Rohidin.

Program kuliah gratis ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama kepala desa dan perangkat desa. Di bidang kesehatan, Pemprov Bengkulu berkomitmen memastikan seluruh warga Bengkulu dapat mengakses layanan kesehatan tanpa hambatan melalui Universal Health Coverage (UHC).

“Semua masyarakat, termasuk yang belum terdaftar atau memiliki masalah dengan status keanggotaannya, kini dijamin mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, karena sudah diakomodir oleh Pemprov Bengkulu,” tambahnya.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu menyambut baik kehadiran organisasi Desa Bersatu sebagai wadah komunikasi yang terstruktur dengan pemerintah. Kabar baiknya, tahun depan alokasi dana desa dari APBN akan meningkat sekitar 30-40 persen dari alokasi sebelumnya.

“Informasi yang saya terima dari pusat, alokasi dana desa nanti hampir dua kali lipat. Ini adalah hasil dari perjuangan Bapak-Ibu perangkat desa yang didukung oleh pemerintah. Harapan saya, mari kita persiapkan SDM yang unggul dengan regulasi yang tepat, sehingga benar-benar bisa membangun desa,” tambah mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.

Pada kesempatan tersebut, Diarwin Komena dilantik sebagai Ketua DPD Desa Bersatu Bengkulu. Pelantikan Diarwin dan jajaran pengurus dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Desa Bersatu, Muhammad Asri Anas.

Anas menyatakan pelantikan pengurus Desa Bersatu masa bakti 2024-2029 menandai komitmen dalam mengawal kebijakan pembangunan desa secara nasional. “Desa Bersatu adalah wadah yang menaungi delapan organisasi desa nasional, dengan semangat perjuangan yang sama,” kata Anas.

Organisasi ini diharapkan mampu berinovasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan pemerintahan desa, pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat.  Tujuannya adalah untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera dengan menyelaraskan program-program nasional, provinsi, dan kabupaten.

Reporter  :   Usmin

Editor       :   M Rareza Rebi Aldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.