Pemprov Bengkulu Dorong Pemberdayaan Eks Aliran Radikal

oleh -158 Dilihat

Bengkulu-Pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu, mendorong pemberdayaan terhadap eks aliran radikal yang berada di daerah ini, khusus bagi mereka yang telah mendapat baiat, baik secara lisan maupun tertulis, serta ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) oleh Satgaswil Bengkulu Densus 88 AT Polri bersama Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada pelepasan baiat dan ikrar setia NKRI, bertempat di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kamis lalu.

“Jadi, tadi kita buatkan satu program yang paling mungkin menurut saya, karena ini mereka berlatar belakang yang sangat berbeda. Nanti kita siapkan kalau mereka berkenan, kita buatkan untuk ojek online motor bagi mereka,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Bengkulu menambahkan, melalui dinas terkait, seperti Dinas Sosial Provinsi Bengkulu bersama Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, para eks teroris ini, akan diberikan bantuan modal untuk uang muka satu unit kendaraan bermotor.

“Kita juga ucapkan selamat kepada warga kita ini yang telah mengalami perubahan yang luar biasa. Artinya pemahaman mereka untuk kembali dan jangan lagi dipertentangkan antara nilai-nilai agama dengan NKRI,” ujarnya.

Kasatgaswil Bengkulu Densus 88 AT Polri, Kombes Pol Imam Subandi mengatakan, tidak ada satu unsur pun pekerjaan atau keyakinan dan ajaran agama yang Densus 88 jadikan alasan untuk memerangi radikalisme.

“Jadi, semuanya murni dengan rambu-rambu seperti yang disepakati UUD 1945 yang merujuk dalam UU Nomor 5 tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme dan radikalisme,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu terdapat 13 orang eks aliran radikal yang dibaiat dan ikrar setia NKRI dibawah binaan Satgaswil Bengkulu Densus 88 AT Polri. Sementara 2 orang di antaranya diketahui masih berstatus tahanan Polda Bengkulu.(mc/rga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.