Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Seluma Mulai Dikerjakan

oleh -207 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Bupati Seluma, Erwin Oktavian dan Kepala DKP Bengkulu, Syafriandi menyaksikan titik nol pembangunan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) senilai Rp 45 miliar di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Bupati Seluma, Erwin Oktavian dan Kepala DKP Bengkulu, Syafriandi menyaksikan titik nol pembangunan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) senilai Rp 45 miliar di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.(Foto/Ist)

Bengkulu- Rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Desa Pasar Seluma, Kabupaten Seluma Selatan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu telah direalisasikan, menyusul ditandai titik nol pembangunan infrastruktur perikanan tersebut oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Selasa (20/6/2023).

Potensi pesisir dan kelautan Provinsi Bengkulu amatlah besar. Selain memiliki panjang pantai hingga 525 KM membentang dari Kaur hingga Mukomuko, dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk memaksimalkannya tentu dibutuhkan kesiapan dan ketersediaan infrastuktur.

Sejak beberapa tahu lalu, Pemprov Bengkulu telah memproyeksikan pembangunan infrastruktur strategis, berupa Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Provinsi Bengkulu, dan sekarang rencana tersebut, dapat direalisasikan.

Titik Nol pembangunan PPN di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, tepatnya di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Seluma dilakukan Gubernur Rohidin Mersyah didampingi Bupati Seluma, Erwin Octavian.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, PPN ini akan menjadi pelabuhan yang representatif untuk pelabuhan nelayan di kawasan Barat Bengkulu.

Pembangunan PPN dimulai tahun ini dengan melakukan perluasan kolam, pelebaran pintu masuk dan dermaga dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar. Sementara pada tahun 2024 akan dianggaran sekitar Rp 30 miliar.

“Saya minta dukungan sama Bupati Seluma agar pembangunan berjalan lancar dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. Lebih dari itu PPN ini betul-betul dimanfaatkan oleh para nelayan,” jelas Gubernur Rohidin.

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi menjelaskan, dikucurkan anggaran sekitar Rp 45 miliar untuk pembangunan PPN di Kabupaten Seluma ini berdasarkan hasil ketetapan dari pihak kementerian terkait. “Alhamdulillah pembangunan PPN ini dapat diwujudkan dan hari ini dilakukan titik nol pembangunannya. Berjalan tahun ini maka tahun depan akan kita lanjutkan. Di mana saat ini dermaganya juga sudah berfungsi,” sebutnya.

Kades Pasar Seluma, Hertoni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Bengkulu dan Pemkab Seluma telah meningkatkan PPI Pasar Seluma menjadi PPN. “Kami masyarakat siap mendukung pembangunan PPN di desa kami. Harapan kami pembangunan ini dapat berjalan sesuai rencana dan kita menghindari hal-hal yang tidak dinginkan,” ungkapnya.

Diketahui lahan seluas 10 hektaer telah disiapkan untuk pembangunan PPN tersebut. Di mana seluas 6,4 hektare telah selesai pembayaran pelepasan lahan dan sisanya masih dalam proses administrasi.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.