Ketua Kwarda Bengkulu Ajak BKKBN Gaungkan Saka Kencana

oleh -319 Dilihat
Ketua Kwarda Pramuka Bengkulu, Hamka Sabri memberika sambutan saat membuka Rakerda Gerakan Pramuka Bengkulu.(Foto HB/Idrs)
Ketua Kwarda Pramuka Bengkulu, Hamka Sabri memberika sambutan saat membuka Rakerda Gerakan Pramuka Bengkulu.(Foto HB/Idrs)

Bengkulu- Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka 7 Bengkulu, Hamka Sabri mengajak Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) setempat untuk meningkatkan gaung satuan karya pramuka keluarga berencana (Saka Kencana) dalam berbagai program pembangunan kependudukan di Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan, pramuka dan saka kencana memuat program kerja untuk mendorong percepatan pembangunan kependudukan menuju keluarga yang berkarakter. “Fungsi dan peran saka kencana amat strategis dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM),” kata Hamka Sabri yang juga Sekdaprov Bengkulu kepada wartawan usai membuka Rakerda Gerakan Pramuka Bengkulu, di Bengkulu, Jumat (9/6/2023).

Dijelaskan, pramuka didalamnya terdapat saka kencana memiliki kesamaan dalam beberapa bidang, seperti mempromosikan pertukaran dan pemahaman budaya. Pramuka memberikan kesempatan bagi kaum muda dari berbagai latar belakang dan budaya untuk berkumpul dan belajar satu sama lain.

Dengan mempromosikan keragaman dan inklusi, kepramukaan menciptakan masyarakat yang lebih berempati. Untuk itulah, penguatan peran seluruh komponen pramuka, termasuk pengurus, orang tua, sukarelawan dan anggota pramuka itu sendiri menjadi gagasan besar yang seyogyanya harus direalisasikan, ujar Hamka.

Dikatakan Hamka, mengapa perlu pramuka dalam pembangunan, karena selama ini organisasi masyarakat tersebut telah memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan generasi muda. Sebagai sebuah gerakan pemberdayaan kaum muda, kepramukaan adalah tentang menciptakan dampak positif pada kehidupan kaum muda dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Secara terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu M. Iqbal Apriansyah, SH, M.P.H usai menghadiri Rakerda Gerakan Pramuka 7 Bengkulu mengatakan bahwa Saka Kencana adalah sebuah oraganisasi remaja yang didalamnya menjalankan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana dimana merupakan wadah untuk meningkatkan pengetahuan remaja dalam bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana yang saat ini merupakan salah satu program BKKBN.

Saka Kencana merupakan bagian dari program bina-bina yang didalamnya ada “Bina Keluarga Remaja (BKR)” dan dikembangkan dalam program Generasi Berencana (GenRe) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R), ujar Iqbal.

Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu adalah bagian dari pemerintah yang bertanggung jawab menjalankan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja). Program ini memfasilitasi remaja agar belajar memahami perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).  “Sudah menjadi tugas kita bersama untuk mengedukasi para remaja untuk berperilaku baik dan mewujudkan ketahanan remaja untuk generasi berencana yang cerah,”demikian Iqbal.(irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.