Kader PKK Garda Terdepan Pencegahan Stunting di Bengkulu

oleh -260 Dilihat
Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin memberikan bantuan kepada warga saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebong, pekan ini.(Foto/Ist)
Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Wahyulin Rohidin memberikan bantuan kepada warga saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebong, pekan ini.(Foto/Ist)

Bengkulu- Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bengkulu Derta Rohidin menekankan akan pentingnya para kader PKK memahami upaya pencegahan dan penanggulangan stunting untuk mewujudkan generasi sehat dan cerdas.

“Kader PKK di kabupaten, kecamatan, dan desa maupun dasawisma merupakan garda terdepan pencegahan stunting. Karena itu, harus betul-betul memahami upaya dalam penanganan stunting. Para kader diminta aktif melakukan deteksi dini, pendataan, dan secara intensif melakukan pemantauan dan upaya penanggulangannya,” kata Derta Rohidin saat melaksanakan supervisi ke Kabupaten Lebong, Senin (17/10).

Selain itu, Supervisi TP PKK ini sebagai langkah mengevaluasi dan mengetahui permasalahan maupun kendala para kader PKK dalam pelaksanaan program PKK di kabupaten sampai tingkat desa dan dasawisma.

“Dalam penyusunan program kerja masing-masing pokja harus sinkron dan selaras dengan TP PKK pusat, yang nantinya disampaikan melalui TP PKK Provinsi. Begitupun, dalam laporan program nantinya data yang disampaikan harus benar-benar kondisi riil agar dapat menjadi acuan dan dasar dalam perencanaan program PKK ke depan,” tambah Derta Wahyulin.

Sementara itu, Camat Lebong Selatan Fendi mengungkapkan peran kader PKK sangat dibutuhkan dalam membangun karakter generasi penerus. Dirinya pun selalu mensupport setiap kegiatan yang dilakukan TP PKK yang selama ini bertujuan mensejahterakan keluarga.

“Terima kasih, ibu-ibu PKK dari Provinsi dapat hadir di desa Taba Anyar Lebong ini. Semoga, Ibu PKK dapat sharing pengalaman, dan memberikan arahan sehingga program PKK dapat dinikmati masyarakat,” jelas Fendi.

Kegiatan supervisi ini merupakan langkah meninjau sejauh mana para kader di daerah dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK, program PKK perlu dilakukan secara berjenjang dan tertib administrasi serta data yang ada di desa, kecamatan maupun kabupaten. “Semua harus saling sinkron dan jelas sumber datanya. Hal ini agar visi misi PKK dalam mendukung program pemerintah dapat tercapai secara maksimal,” ujarnya.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.