Gubernur Rohidin Buka Workshop Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas

oleh -385 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah kelima dari kiri foto bersama Kepala BKKBN Bengkulu, Rusman Effendi (kedua kanan) sesuai membuka Warkshop Kampung Keluarga Bahagia (KKB) Tahun 20022 diselenggarakan BKKBN Bengkulu.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah kelima dari kiri foto bersama Kepala BKKBN Bengkulu, Rusman Effendi (kedua kanan) sesuai membuka Warkshop Kampung Keluarga Bahagia (KKB) Tahun 20022 diselenggarakan BKKBN Bengkulu.(Foto/Ist)

Bengkulu-Gubernur Bengkulu Rohdin Mersyah, secara resmi membuka Workshop Pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Bengkulu, tahun 2022, Selasa (23/8/2022).

Kampung Keluarga Berkualitas awalnya adalah Kampung Keluarga Berencana. Saat ini telah terbentuk 258 Kampung KB se-Provinsi Bengkulu. Tujuan dari Kampung Keluarga Berkualitas sendiri diharapkan dapat memberikan hasil lebih baik dari Kampung KB yang masih belum optimal.

“Workshop yang dilaksanakan BKKBN terkait penetapan pengelolaan kampung keluarga berkualitas, jadi nanti ditetapkan di seluruh desa dan kelurahan se-Provinsi Bengkulu, kita ada 1.300 desa dan kelurahan,” jelas Gubernur Rohidin.

Dalam pelaksanaan Kampung Keluarga Berkualitas ini juga melibatkan berbagai kementerian dan lembaga terkait. Ada 3 aspek yang menjadi fokus, yakni Ketentraman Desa, Kemandirian dan aspek Kebahagiaan, yang selanjutnya didapat Indeks Pembangunan Keluarga.

“Kalau di posisi sekarang alhamdulillah Bengkulu, masuk 9 provinsi yang di atas rata-rata nasional indeks pembangunan keluarganya dengan 3 parameter itu,” jelas Gubernur Rohidin.

Terkait dengan workshop, Gubernur Rohidin memaparkan bahwa peserta yang hadir berasal dari berbagai perwakilan OPD. Di antaranya adalah Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PPAKB yang nantinya akan dilatih dalam bentuk workshop dengan 4 variabel penting.

Pertama tentang data kependudukan. Kedua perubahan pola perilaku masyarakat, lalu ketersediaan sarana prasarana pelayanan dasar dan terakhir penataan kawasan lingkungan, sehingga keluarga menjadi locus penanganan, karena pendekatannya adalah pendekatan keluarga,” tambah Rohidin.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Rusman Efendi mengungkapkan, dibangunnya Kampung Keluarga Berkualitas diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia keluarga, yang dilaksanakan secara terpadu.

Melalui Kampung Keluarga Berkualitas seluruh desa dan kelurahan tersebut, katanya, dapat mengoptimalkan tersedianya data keluarga dan data kependudukan. Demikian juga meningkatan cakupan pelayanan kepada keluarga dan menata lingkungan keluarga.

“Kita harapkan keluarga-keluarga Indonesia di Bengkulu dan di semua wilayah akan menjadi keluarga yang tentram, mandiri dan bahagia yang akan berkontribusi terhadap visi dan misi pemerintah provinsi Bengkulu untuk mewujudkan Bengkulu maju, sejahtera dan hebat,” harap Rusman Efendi.(mc/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.