Gubernur Rohidin: Bahasa Indonesia adalah Bahasa Bangsa

oleh -262 Dilihat

Bengkulu- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memiliki peranan penting dalam menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa utama bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada acara pembinaan 45 lembaga dalam pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dokumen lembaga di Provinsi Bengkulu, bertempat di aula BPMP Provinsi Bengkulu, Kamis (21/7/2022).

“Keberadaan badan bahasa menjadi sangat penting, sekali lagi untuk menjaga bagaimana bahasa Indonesia betul-betul menjadi bahasa utama bangsa dan negara kita,” ujar Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin menambahkan, penguasaan bahasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Dengan bahasa maka dapat ditemukan solusi-solusi baru, yang bisa mengkomunikasikan apapun.

Selain itu, bahasa juga merupakan cerminan budaya, salah satunya dengan menjaga bahasa daerah. “Bahasa ibu adalah bahasa daerah yang jumlahnya ratusan dari Sabang sampai Marauke itu juga harus terpelihara jangan sampai punah,” minta Gubernur Rohidin.

Selain itu, penguasaan bahasa juga berkenaan dengan era globalisasi. Di mana saat ini bahasa asing menjadi bahasa utama dalam berkomunikasi. Sebab, adanya kemampuan berbahasa asing tentu akan mempengaruhi daya saing generasi muda Indonesia.

“Bagaimana anak – anak Indonesia sekarang dan masa depan itu betul-betul menguasai bahasa asing, karena kancah dunia internasional tidak bisa dipungkiri bahasa akan menjadi pintu pembuka, agar kita bisa berinteraksi dengan dunia luar,” minta Gubernur Rohidin.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.