Diperkirakan Tiga Paslon Akan Ramaikan Pilgub Bengkulu

oleh -43 Dilihat
Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Dempo Exler dan Ahmad Kanedi maju di Pilgub Bengkulu pada pilkada serentak 2024 melalui jalkur independen.(Foto/Ist)
Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Dempo Exler dan Ahmad Kanedi maju di Pilgub Bengkulu pada pilkada serentak 2024 melalui jalkur independen.(Foto/Ist)

Bengkulu-Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu pada pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang, diperkirakan akan diikuti tiga pasang calon, salah satu calon berasal dari calon independen atau perseorangan.

Keterangan dihimpun Harapan Baru News.com dilapangan, Minggu (12/5/2024), salah satu paslon yang sudah mendeklarasi maju di pilgub Bengkulu melalui jalur independen, yakni pasangan Dempor Exler dan Ahmad Kanedi.

Sedangkan dua calon lagi, yakni Rohidin Mersyah kini masih menjabat sebagai Gubernur Bengkulu dan mantan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan. Kedua caloh Gubernur Bengkulu ini, saat ini belum menentukan pasangan wakilnya.

Rohidin Mersyah maju di Pilgub Bengkulu akan diusung Partai Golkar dan PKS. Partai Golkar hasil pemilu legislatif lalu memiliki wakil di DPRD Provinsi Bengkulu sebanyak 10 orang atau kursi dan PKS dua kursi, sehingga total kursi di DPRD Bengkulu 12.

Sedangkan syarat mengusung satu paslon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub 2024 cukup 9 kursi. Sedangkan kandidat Helmi Hasan maju di Pilgub Bengkulu, akan diusung partai koaliasi PAN, Gerindra dan partai lainnya.

Untuk kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dari independen, pasangan Dempo Exler dan Ahmad Kanedy akan segera mendaftarkan ke KPU Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat ini. Mereka telah mengumpulkan foto KTP dukungan dari masyarakat  ratusan ribu lembar.

KTP sebanyak ini mereka kumpulkan berasal dari 9 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, sehingga diperkirakan paslon akan lolos menjadi peserta Pilgub Bengkulu 27 November 2024 mendatang.

Dempo Exler saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Ahmad Kenadi kini masih menjadi anggota DPD-RI darii Dapil Bengkulu hasil pilek tahun 2019 lalu.

Namun, Dempo Exler saat mencalon kembali anggota DPRD Provinsi Bengkulu pada pileg lalu kurang beruntung. Demikian juga Ahmad Kanedi saat maju kembali sebagai calon DPR-RI dari Dapil Bengkulu bernasib sama.

Sebagai politisi sejati mereka tidak patah arang untuk kembali ikut kontestasi Pilgub Bengkulu pada 27 November 2024 mendatang. Kali ini mereka maju di Pilgub Bengkulu melalui jalur independen alias perseorangan. Meski paslon ini maju melalui jalur independen tidak bisa dianggap remeh oleh calon yang diusung partai politik. Pasalnya, pasangan Dempo Exler dan Ahmad Kanedi memiliki jiwa petarung.

Bahkan, pasangan Dempo dan Ahmad Kanedi bisa menjadi kuda hitam di Pilgub Bengkulu. Calon incumben Rohidin Mersyah jangan menganggap enteng paslon ini karena jika tidak cermat membaca pergerakan lawan bisa-bisa tumbang di Pilgub Bengkulu.

Dempo Exler memiliki dukungan kuat dikalangan generazi Z dan milenial dan Ahmad Kanedy menguasi generasi di atas 40 tahun, termasuk di Kota Bengkulu masih memiliki pendukung militan.

Sementara kandidat cagub Bengkulu, Helmi Hasan sebelumnya sudah pernah tumbangkan calon incumber Rohidin Mersyah pada Pilgub 2020 lalu. Mantan Wali Kota Bengkulu ini maju di Pilgub Bengkulu pada pilkada serentak 27 November 2024 belum diketahui siapa pasangan wakilnya.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.