Bakamla RI Programkan Bangun Pangkalan di Provisi Bengkulu

oleh -84 Dilihat
Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI Irvansyah didampingi Rektor Unib, Retno Agustina Ekaputri dan Sekdaprov Bengkulu, Isnan Fajri saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai menghadiri Dies Natalis Unib ke-42 tahun 2024.(Foto HB/Usmin)
Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI Irvansyah didampingi Rektor Unib, Retno Agustina Ekaputri dan Sekdaprov Bengkulu, Isnan Fajri saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai menghadiri Dies Natalis Unib ke-42 tahun 2024.(Foto HB/Usmin)

Bengkulu-Kapala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksamana Madya TNI Irvansyah mengatakan, pihaknya telah berencana untuk membangun pangkalan di Provinsi Bengkulu untuk menjaga perairan laut daerah ini yang memiliki kawasan pantai sepanjang 540 kilometer (km) dari perbatasan lampung hingga Sumatera Barat.

“Saya sudah berkirim surat secara resmi ke Gubernur Bengkulu dan Wali Kota Bengkulu untuk minta disiapkan lahan lokasi pembangunan Pangkalan Bakamla di Bengkulu,” kata Laksamana Madya TNI Irvansyah kepada wartawan usai menyampaikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42, di Bengkulu, Rabu (24/4/2024).

Ia mengatakan, jika Pemprov Bengkulu atau Pemkot Bengkulu, telah menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Pangkalan Bakamla dalam waktu dekat ini, maka pihaknya segera mencarikan anggaran untuk pembagunan pangkalan tersebut.

“Kita siap membangun Pangkalan Bakamla di Bengkulu, terserah dimana saja lokasinya disediakan akan kita bangun. Kita masih menunggu jawaban dari Pemprov Bengkulu dan Pemkot Bengkulu, soal lahan lokasi Pangkalan Bakamla di daerah ini,” ujarnya.

Laksamana Madya TNI Irvansyah putra Bengkulu asli ini mengatakan, untuk menjaga keamanan wilayah laut Provinsi Bengkulu yang merupakan bagian dari wilayah pesisir barat Sumatera, maka Bakamla RI perlu membangun pangkalan di daerah ini.

Karena itu, ia berharap Pemprov Bengkulu segera menyiapkan lahan untuk pembangunan pangkalan Bakamla RI di Provinsi Bengkulu. Bahkan, jika kahannya sudah ada, maka pihaknya siap merealisasikan pangkalan tersebut dalam waktu dekat.

Laksamana Madya Irvansyah menambahkan, saat ini baru ada 15 pangkalan Bakamla RI, tersebar tersebar di sejumlah Provinsi di Tanah Air. Kedepan Bakamla akan dibangun sebanyak 35 pangkalan lagi, termasuk salah satunya di Provinsi Bengkulu.

“Tidak semua provinsi kita bangun pangkakan. Sampai sekarang baru ada 15 tersebar di beberapa provinsi. Untuk kedepannya kita membangun sebanyak 35 pakalan tersebar di seluruh Indonesia, sehingga pengamanan laut Indonesia akan semakin baik,” ujarnya.

Bakamla RI, kata Laksamana Madya Irwansyah kedepan akan membentuk nasional maritime security system yang bisa membantu wilayah laut melalui 35 stasiun pengakalan Bakamla tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri mengatakan, Pemprov Bengkulu pada prinsipnya siap mendukung dan memfasilitasi rencana Bakamla RI membangun pangkalan Bakamla di Provinsi Bengkulu terutama dalam penyedian lahan untuk lokasi pembangunan pangkalan tersebut.

“Pada prinsipnya siapa pun instansi yang ingin membangun kantor di Bengkulu selalu kita berikan dukungan. Apalagi Bakamla yang akan membanngun pangkalan di Bengkulu, akan kita fasilitasi soal penyedian lahan,” ujarnya.

Isnan Fajri menambahkan, Pangkalan Bakamla yang paling cocok dibangun di sekitar kawasan pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu karena letaknya stratrgis dan lahan kosong masih luas di sekitar pelabuhan tersebut.

“Lahan kosong di sekitar pelabuhan kawasan Pulau Baai masih luas. Karena itu, Pemprov Bengkulu akan menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan Pangkalan Bakamla Bengkulu di sekitar kawasan pelabuhan Pulau Baai,” ujarnya.

Pada prinsipnya Pemprov Bengkulu mendukung dan setuju rencana Bakamla RI membangun pangkakan di provinsi ini. “Soal lahan yang dibutuhkan Bakamla akan kita siapkan sesuai kebutuhan secepatnya,” demikian Isnan Fajri.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.