Alumni Perguruan Tinggi Berperan Penting Bangun Dinamika Ekonomi Bengkulu

oleh -168 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Asisten II Pemprov Bengkulu, Fachriza Razie saat menghadiri acara pengukuhan Pengurus IKA Undip masa bakti 2023-2028 di Balai Raya Semarak, Bengkulu. (Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Asisten II Pemprov Bengkulu, Fachriza Razie saat menghadiri acara pengukuhan Pengurus IKA Undip masa bakti 2023-2028 di Balai Raya Semarak, Bengkulu. (Foto/Ist)

Bengkulu- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, peranan akademisi khususnya alumni perguruan tinggi sangat penting dalam membangun dinamika perekonomian baik secara nasional maupun daerah.

Hal terrsebut diungkapkan Gubernur Rohidin Mersyah pada acara pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (DPD IKA UNDIP) Bengkulu, masa bakti 2023-2028, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (21/2/2023) malam.

Ia mengatakan, hampir 70-80 persen mewarnai dinamika perekonomian sosial kemasyarakatan, disini kita tidak membedakan kelas, tetapi biasanya dimotori oleh para alumni perguruan tinggi.

Menurutnya, alumni perguruan tinggi harus memiliki visi serta pemikiran dalam mengatasi tantangan ekonomi saat ini maupun yang akan datang. Terlebih untuk membangun Bengkulu membutuhkan pemikiran bagaimana akselerasi ekonomi di Sumatera, khususnya Bengkulu, dilakukan melalui penambahan-penambahan sodetan.

Membuka jalan penghubuung antar provinsi, di antaranya jalan nasional Oki Timur – Tanjung Iman (Kabupaten Kaur), perluasan jalan Manna-Tanjung Sakti, dan Tol Lubuklinggau – Bengkulu.  Kemudian sodetan Empat Lawang – Seluma dan proses pinjam pakai Lebong – Merangin, Mukomuko – Kerinci. Dimana jal tersebut juga tertuang dalam buku yang ditulis Gubernur Rohidin, yakni “Rafflesia Regional Transportation System”.

“Kalau sodetan-sodetan ini berhasil kita bangun, baru ekonomi Bengkulu akan bergerak, karena regional transportation yang kita bangun ini konsep besarnya, ini baru ada arah pergerakan dinamisasi ekonomi akan berjalan,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP IKA UNDIP, Setio Waharso berharap, para Pengurus DPD IKA UNDIP Masa Bhakti 2023-2028 yang baru saja dikukuhkan, dapat berperan aktif dalam membangun Provinsi Bengkulu.

“Sekarang tinggal mas-mas dan mbak-mbaknya ini (sebutan untuk anggota IKA UNDIP), mengisi Bengkulu menjadi salah satu soko guru ekonomi di wilayah barat pulau Sumatra. Saya yakin kalau nanti Tol nya sudah tersambung maka Bengkulu akan melesat,” ujar Setio Waharso.   Pengurus DPD IKA UNDIP Masa Bhakti 2023-2028, Nirmawan ditetapkan sebagai Ketua DPD IKA UNDIP Bengkulu.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.