Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN dan TNI Gelar Layanan KB di Seluma

oleh -210 Dilihat
Kantor Perwakilan BKKBN Bengkulu bekerja sama dengan TNI menggelar pelayanan KB di Kabupaten Seluma dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2023.(Foto/Ist)
Kantor Perwakilan BKKBN Bengkulu bekerja sama dengan TNI menggelar pelayanan KB di Kabupaten Seluma dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2023.(Foto/Ist)

Bengkulu-Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendorong keberhasilan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), salah satunya melalui kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK).

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Fasyankes TNI-AD, dan kali ini berpartisipasi pada pekan pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2023. Dimana TNI menurunkan personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam rangka mendorong keberhasilan Program KB di tengah masyarakat.

Pada peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun ini, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu selain bekerja sama bersama bidan juga mendapat dorongan dan dukungan TNI lingkup Komando Resort Militer (Korem) 041 Garuda Mas, Bengkulu, dalam hal ini Kodim Seluma melalui Babinsa setempat untuk menjaring kesertaan KB.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu M. Iqbal Apriansyah, mengapresiasi dukungan segenap mitra yang terus bersinergi membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peran dan fungsi program Keluarga Berencana (KB).

Hal tersebut dikatakan Iqbal Apriansyah pada acara pelayanan KB dalam rangka peringatan hari kontrasepsi sedunia 2023, di Desa Masmambang Kecamatan Talo, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Rabu, (27/9/2023).

Peninjauan pelayanan KB di Desa Masmambang, Talo, Kabupaten Seluma tampak hadir Babinsa Masmambang, Kepala Puskemas dan PLKB setempat dengan dihadiri puluhan PUS muda untuk mendapatkan pelayanan KB.

Dikatakan Iqbal, melalui dukungan dari berbagai elemen menunjukkan langkah akselerasi terwujudnya SDM yang berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045. Dukungan dan kerja sama linta sektor merupakan aksi implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dalam aksi konvergensi pencegahan potensi risiko stunting.

“Dukungan TNI dan tenaga kesehatan (bidan) dalam pelaksanaan program KB sebagai wujud konvergensi dan komitmen bersama pemerintah di Bengkulu dalam rangka peningkatan kualitas SDM dan pencegahan stunting”.

Aksi kolaborasi tersebut agar dapat menyasar taget pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi di Bengkulu tahun ini sebanyak 26.475 akseptor metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Yang akan dilayani di 223 Fasyankes termasuk diantaranya Fasyankes TNI AD di Bengkulu, kata Iqbal.

Dijelaskan,  fasyankes TNI AD di Bengkulu terdapat di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak dua faskes, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan masing-masing satu faskes. Selama sepekan sejak 26 September 2023 hingga 4 Oktober 2023 masyarakat dapat mengunjungi Fasyankes di setiap kecamatan dan desa/kelurahan untuk mendapatkan pelayanan kontrasepsi.

“Mari raih kesempatan untuk mendapat pelayanan KB secara gratis dengan jenis kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan yaitu KB metode Implan, medis operatif pria (MOP) medis operatif wanita (MOW) dan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau Intera Uterine Device (IUD),” ajak¬† Iqbal.

MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama lebih dari 2 tahun, efektif dan efisien untuk tujuan pemakaian untuk menjarangkan kelahiran lebih dari 3 tahun atau mengakhiri kehamilan atau sudah tidak ingin menambah anak lagi.

Bahkan tindakan kontap pada wanita yang disebut kontap wanita atau MOW (Metode/medis Operasi Wanita ) atau Tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metode/medis Operasi Pria) atau vasektomi dapat dilayani pada pekan pelayanan peringatan hari kontrasepsi ini, sebut Iqbal. (irs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.