Tingkatkan Hasil Panen, Gubernur Rohidin Bagikan Ratusan Alsintan ke Poktan Rejang Lebong

oleh -141 Dilihat
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Rohidin foto bersama usai menyerahkan bantuan Alsintan kepada sejumlah poktan di Kabupaten Rejang Lebong, akhir pekan lalu.(Foto/Ist)
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Derta Rohidin foto bersama usai menyerahkan bantuan Alsintan kepada sejumlah poktan di Kabupaten Rejang Lebong, akhir pekan lalu.(Foto/Ist)

Bengkulu- Untuk meningkatkan produktivitas usaha tani di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Gubernur Rohidin Mersyah bagikan ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (Koptan) di Rejang Lebong, bertempat di Desa Talang Benih, Kecamatan Curup, Sabtu (14/10/2023).

Adapun jenis bantuan Alsintan dari Pemprov Bengkulu itu, di antaranya handsprayer elektrik sebanyak 45 unit untuk 15 kelompok tani, handtraktor 3 unit, cultivator 22 unit, mesin rumput 42 unit, motor roda 3 sebanyak 3 unit, pupuk organik 2.000 liter, dan pupuk majemuk sebanyak 500 kg.

“Apa yang disampaikan semoga memberikan manfaat bagi masyarakat, dan membuat produktivitas hasil usaha tani semakin meningkat,” ujar Gubernur Rohidin usai membagikan Alsintan kepada kelompok tani Rejang Lebong.

Gubernur mengingatkan agar peralatan yang diberikan dijaga dan dipelihara sehingga tidak cepat rusak. Kemudian, menurutnya peralatan yang dibagikan ini bukanlah milik ketua kelompok tani, namun milik anggota beserta seluruh jajaran.

“Tolong jaga dan pelihara baik-baik alat yang diberikan, dan ingat semua anggota kelompok tani berhak menggunakannya,” tegas Rohidin, seraya menambahkan, di daerah Curup ini relatif masih lebih nyaman dibandingkan daerah lain dampak dari musim kemarau melanda di Tanah Air, termasuk Bengkulu, seperti sekarang ini.

Soalnya, di kawasan pesisir (Seluma, Manna, Kaur, Bengkulu Utara, Mukomuko) tanah sudah nampak terpecah dan usaha tani mulai terhenti. “Di Curup ini sistem pengairannya sudah cukup baik, jadi walaupun musim kemarau melanda tanamannya tetap hijau. Dan ini patut disyukuri secara bersama-sama,” ujar Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Suratno (54) dari ketua kelompok tani Sidoluhur Air Bening mengungkapkan, dirinya biasanya menyewa handtraktor dengan biaya 400 ribu per hari dan biasanya dapat melakukan panen 1 kali dalam setahun.

Setelah menerima handtraktor ini, dirinya dan kelompok tani lainnya tentu akan semakin semangat, dan berusaha maksimal agar dapat melakukan panen 2 hingga 3 kali dalam setahun.

“Alhamdulillah, dengan bantuan handtraktor dari bapak Gubernur tentu dapat memudahkan dan melancarkan pekerjaan kami sebagai petani. Kami akan berusaha maksimal agar ke depan hasil panen kami meningkat (bisa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun),” ujarnya.

Senada dengan itu, Slamet Harisani (51) dari kelompok tani Karya Family Sindang Kelingi menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima yaitu cultivator. Menurutnya, ini sangat membantu dirinya saat menggarap lahan kebun sayurnya nanti.

“Kelompok tani saya menerima cultivator, terima kasih atas bantuannya. Dan ini sangat bermanfaat dan membantu pekerjaan agar ke depan intensitas panen sayur semakin meningkat,” tutupnya.

Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelontorkan bantuan Alsintan kepada 618 Poktan/UPJA dengan total 2.026 unit di antaranya Hansprayer Elektrik 987 unit untuk 300 Poktan, Handtraktor 34 unit untuk 34 Poktan, mesin pemotong rumput 123 unit untuk 123 Poktan, power threser 10 unit untuk 10 Poktan, dan Cultivator 54 unit untuk 54 Poktan.

Selain itu, juga menyalurkan bantuan berupa motor roda tiga sebanyak 8 unit untuk 8 poktan, terpal plastik 300 unit untuk 54 poktan, dodos 250 unit untuk 13 Poktan, egrek 250 unit untuk 13 poktan, pompa air 3 inch 8 unit untuk 8 Poktan, dan combine harvester besar 2 unit untuk 2 UPJA.(mc/min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.