Pemprov Bengkulu Targetkan Evaluasi SAKIP 2024 Raih Nilai B

oleh -29 Dilihat
Asisten III Pemprov Bengkulu, Nandar Munadi dan Kepala Bappeda Bengkulu, Yuliswani dan beberapa pejabat Pemprpov Bengkulu lain hadiri rapat persiapan penilaian SAKIP 2024.(Foto/Pemprov Bengkulu)
Asisten III Pemprov Bengkulu, Nandar Munadi dan Kepala Bappeda Bengkulu, Yuliswani dan beberapa pejabat Pemprpov Bengkulu lain hadiri rapat persiapan penilaian SAKIP 2024.(Foto/Pemprov Bengkulu)

Bengkulu-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu pada tahun 2024 menargetkan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) mencapai 70 setara dengan kategori nilai B.

Target tersebut disampaikan Asisten III Pemprov Bengkulu, Nandar Munadi saat memimpin rapat persiapan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di kantor Gubernur Bengkulu, Senin (8/7/2024).

Nandar mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) menargetkan penilaian evaluasi SAKIP mencapai nilai 70,0 yang termasuk dalam kategori B, sebagaimana dasar penilaian yang diatur dalam Permen PAN dan RB No. 88 Tahun 2021.

Total ada empat komponen penilaian evaluasi SAKIP. Di antaranya, Penilaian Perencanaan Kinerja, Penilaian Pengukuran Kinerja, Penilaian Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal.
Evaluasi SAKIP ini akan dilaksanakan pada Rabu (10/7/2025), dan akan dipusatkan di Balai Raya Semarak Bengkulu. Acara ini rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, dan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri.

Dijelaskan, nantinya ada beberapa OPD akan melakukan pemaparan dalam evaluasi SAKIP. “Kita menindaklanjuti rapat sebelumnya terkait evaluasi SAKIP yang akan digelar dua hari lagi,” ujarnya.

pemaparan OPD tersebut, langsung kepada pihak Kemenpan RB maupun Kemendagri. “Jangan sampai materinya belum disiapkan karena ini dua hari lagi. Target kita untuk SAKIP tahun ini adalah mencapai nilai 70,” ujar Nandar.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Bengkulu, Edi Babul, menambahkan bahwa rapat persiapan akhir dan simulasi pemaparan kepala OPD tentang SAKIP dari manajemen intervensi pengentasan kemiskinan diharapkan sesuai yang diharapkan pada Rabu mendatang.

“Kami telah mengoordinasikan pemaparan materi di Bappeda. Bahkan, materi dari masing-masing OPD sudah dilakukan perbaikan karena waktu yang diberikan hanya 10 menit saat pemaparan nanti. Materi sudah siap berkat tim dan rekan-rekan dari Bappeda, Biro Bangda, dan Inspektorat. Kami optimis semoga dapat sesuai dengan yang diharapkan,” demikian Edi.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.