Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi 2024, Tiga Desa di Bengkulu Utara Masuk 10 Besar

oleh -70 Dilihat
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan hadiah lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024 di Lapangan Desa Kemumuh, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat 26 Juli 2024. (Foto : Humas Pemprov Bengkulu)
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan hadiah lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024 di Lapangan Desa Kemumuh, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat 26 Juli 2024. (Foto : Humas Pemprov Bengkulu)

Bengkulu- Sebanyak tiga desa di Kabupaten Bengkulu Utara masuk 10 besar lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024. Desa tersebut meliputi Desa Rama Agung, Kampung Kemumu dan Desa Batu Raja.

Hadiah lomba desa wisata tersebut, diserahkan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada malam puncak Penganugerahan Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi Bengkulu, di Lapangan Kelurahan Kemumum, Kecamatan Arma Jaya, Bengkulu Utara, Jumat (26/7/2024) malam.

Gubernur Rohidin mengatakan, pengembangan desa wisata tidak harus selalu berbasis keindahan alam, tetapi juga bisa berbasis budaya dan pengembangan UMKM lokal. Seperti Desa Rama Agung yang menawarkan sesuatu yang berbeda.

“Pada umumnya desa wisata menawarkan atraksi wisata alam seperti sungai, pantai, atau danau. Namun, Desa Wisata Rama Agung justru satu-satunya yang menawarkan atraksi wisata religi,” katanya.
Intinya, kata Gubernur Rohidin desa wisata tidak harus menampilkan keindahan alam semata. Menampilkan keragaman budaya juga memiliki nilai dan daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, Desa Rama Agung dihuni oleh beragam suku dari seluruh Indonesia, seperti Bali, Jawa, dan Rejang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanuzar mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak dari penyelenggaraan Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024, yang sudah dimulai sejak Mei 2024.

Dalam malam anugerah ini, kata Murlin diumumkan lima besar juara Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu. Selain itu, lomba desa wisata tahun ini diikuti oleh peserta dari desa wisata di Provinsi Bengkulu yang meraih juara satu hingga tiga pada lomba desa wisata tahun-tahun sebelumnya.

“Tema Lomba Desa Wisata 2024 Provinsi Bengkulu adalah Lomba Desa Wisata Pengembangan dan Berkelanjutan Provinsi Bengkulu Tahun 2024. Pengembangan desa wisata memiliki efek berganda yang sangat luas bagi daerah, terutama desa,” ujar mantan Kepala Satpol PP Provinsi Bengkulu ini.

Ia mengatakan, melalui pengembangan desa wisata, perekonomian desa dan masyarakat desa juga dapat berkembang dengan baik. “Ini harus dikembangkan secara berkelanjutan sehingga bisa menjadi sumber pendapatan desa itu sendiri,” ujarnya.

Seperti diketahui, salah satu tokoh yang mendorong Desa Rama Agung menjadi desa wisata adalah Ketua MUI Provinsi Bengkulu, Rohimin, karena dia menilai desa ini memiliki kekhasan tersendiri.

Acara ini juga dihadiri oleh General Manager Angkasa Pura, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Kepala OPD Provinsi Bengkulu, serta Kepala OPD dan FKPD Bengkulu Utara, dan seluruh peserta lomba desa wisata se-Provinsi Bengkulu.

Berikut lima besar pemenang Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu tahun 2024, yakni Kampung Wisata Kemumu, Kelurahan Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara, Desa Wisata Blitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong 3 Desa Wisata Air Sempiang, Kabupaten Kepahiang, Desa Wisata Sumber Urip, Kabupaten Rejang Lebong, dan Desa Wisata Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

Reporter    :   Eka Agustin

Editor        :    M Rareza Rebi Aldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.