Hari Remaja Internasional, GenRe Bengkulu Gelar Aksi Sosial Tanam Ratusan Pohon Mangrove

oleh -159 Dilihat
Anggota Komisi IX DPR-RI Dapil Bengkulu, Elva Hartati dan Plt Kepala BKKBN Bengkulu, Iqbal Apriansyah bersama anggota GenRe Bengkulu menanam ratusan pohon mangrove di kawasan Muara Lempuing, Kota Bengkulu dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional tahun 2023.(Foto HB/Idris)
Anggota Komisi IX DPR-RI Dapil Bengkulu, Elva Hartati dan Plt Kepala BKKBN Bengkulu, Iqbal Apriansyah bersama anggota GenRe Bengkulu menanam ratusan pohon mangrove di kawasan Muara Lempuing, Kota Bengkulu dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional tahun 2023.(Foto HB/Idris)

Bengkulu- Dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional 12 Agustus 2023, Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Bengkulu, menggelar  aksi sosial menanam pohon mangrove sebagai kepedulian terhadap lingkungan sehat. Aksi sosial ini diharapkan mampu melatih rasa empati generasi muda terhadap lingkungan agar tetap menjaga dan mewariskan alam yang sehat bagi generasi mendatang.

“Ini aksi peduli GenRe terhadap lingkungan dan sesama remaja untuk membangun pola pikir remaja agar tumbuh menjadi generasi yang sehat dan berprestasi, kata Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, M. Iqbal Apriansyah kepada pewarta usai menyaksikan aksi GenRe peduli lingkungan di Kota Bengkulu, Sabtu, (19/8/2023).

Hadir dalam acara tersebut, anggota Komisi IX DPR-RI dapil Bengkulu, Elva Hartati, Ketua Pokja I Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Edi Sofyan, serta beberapa pejabat di lingkup BKKBN mendampingi Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, M. Iqbal Apriansyah.

Ia mengatakan, remaja merupakan kelompok generasi penerus bangsa dimana nantinya, akan menjadi penerus pembangunan bangsa. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan generasi yang mampu tumbuh sehat.

Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk aksi cinta lingkungan. Remaja perlu penguasaan diri dan pengetahuan yang lebih matang agar mengiringi cita cita untuk menjadi generasi yang tumbuh, maju dan mampu.

GenRe adalah wadah penghimpun remaja untuk membangun semangat penerus pembangunan bangsa. Aksi penanaman pohon sebagai modal dasar untuk menuju Indonesia sehat. “Mari tingkatkan skill kalian masing masing sesuai dengan pengetahuan untuk menuju masa depan kalian sebagai generasi penerus bangsa lebih baik,” tambah Iqbal.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati mengingatkan agar remaja harus menjaga kesehatan, baik kesehatan sbecara fisik dan mental serta harus memiliki pengetahuan yang tinggi. Forum GenRe diharapkan terus mengisi ruang remaja agar menjadi wadah penyiapan generasi penerus pembangunan.

“Remaja juga harus mempersiapkan dan menjaga kesehatan reproduksi karena akan menjadi calon orang tua, maka harus memahami kesehatan reproduksi, memperhatikan asupan gizi dan jangan hamil tanpa perencanaan. Melalui gerakan penanaman pohon ini sebagai generasi penerus menjadi bagian dari pewaris lingkungan yang sehat,” ujar politisi PDIP ini.

Berbagai Kegiatan

Ketua panitia pelaksana peringatan Hari Remaja Internasional 2023 Provinsi Bengkulu, Fatia Nursaatika mengatakan, peringatan Hari Remaja Internasional mengangkat tema “Solidaritas Antar Generasi, Ciptakan Remaja Berprestasi” telah menggelar beberapa kegiatan sosial secara serentak pada event hari remaja sejak 12-19 Agustus 2023.

Hal tersebut merupakan upaya untuk membangun semangat dan motivasi remaja khususnya di Provinsi Bengkulu. Dengan hal tersebut diharapkan menjadi salah satu GenRe terbaik se-Indonesia, harap Fatia.

Peringatan hari remaja internasional di Bengkulu dilaksanakan dengan menggelar tiga rangkaian kegiatan, yaitu talkshow inspiratif, lomba sipaling GenRe dan gerakan penanaman dengan menanam lebih kurang seratus bibit pohon mangrove di Kota Bengkulu. Penanaman pohon mangrove dipusatkan di Sungai Muara Lempuing, Kota Bengkulu.

Sebanyak seratus pohon lebih dengan berbagai jenis yaitu pohon mangrove 100 batang, cemara 20 dan pohon buah buahan 20 batang di antaranya pohon mangga, jambu, alpukat di tanam di lingkungan masyarakat. Selain itu, GenRe tingkat Provinsi Bengkulu juga menggelar lomba-lomba yang diikuti 168 orang remaja pelajar/siswa dan mahasiswa.

Hal itu untuk menguji dan mengasah ketangkasan dan kecermatan kelompok usia muda dalam berbagai pengetahuan dan keterampilan, sebut Fatia. “Gerakan penanaman pohon sebagai wujud remaja peduli lingkungan dan solidaritas antar generasi menciptakan generasi yang berdaya saing, menciptakan gerasi yang berprestasi,” ujarnya. (irs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.